oleh

Bupati Sumenep Menerima Pataka Dari Adipati Arya Wiraraja

SUMENEP (PortalMadura) – Inilah orang nomor satu di Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, Yakni Bupati Sumenep A Busyro Karim yang akan menerima Pataka dari Arya Wiraraja.

Dengan menggunakan pakaian khas Keraton Sumenep bersama istri Nur Fitriana, memasuki arena prosesi di depan Masjid Agung Kabupaten Sumenep, jalan Trunojoyo, Sabtu (2/11/2013).

Layaknya raja dan permai suri, keduanya diiringi bunyi gemelan dan dikawal oleh prajurit keraton. Para penari Muang Sangkal berjajar di kanan kirinya. Seakan suasana keraton tempo dulu hadir kembali.

Dalam prosesi penyerahan Pataka atau bendera dari Adipati Arya Wiraraja, juga dikemas mirip suasana keraton Sumenep tempo dulu. Adat keraton juga dikemas sedemikian rupa. Bahkan, prajurit yang menaiki kuda juga terlihat.

Loading...

Menurut Bupati Sumenep, A Busyro Karim, penampilan masa kerajaan tempo dulu itu dimaksudkan agar kader-kader muda saat ini tidak mudah melupakan hal yang positif pada masa lalu.

Sebab, dalam perjalanan hidup ini, tidak akan lepas dari masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang. Semua itu untuk membangun diri untuk Sumenep lebih baik kedepan.

—- Sumenep itu memang jiwa madura, hasil dari kajian beberapa bulan lalu. Kenapa? Sumenep mema lengkap—

Usai menerima Pataka, Bupati Sumenep A Busyro Karim dan para pejabat lainnya memasuki keraton Sumenep. Selain menyaksikan tarian keris kolosal, ibu bupati Nur Fitriana juga menerima keris pusaka keraton sebagai lambang kesetiaan masyarakat Sumenep pada pemimpinnya. Dan dilanjutkan dengan pawai budaya. (Tim Liputan PortalMadura).

http://youtu.be/QfCtnKzJwVw




Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...
Tirto.ID
Loading...

Komentar