oleh

Capai 141.500 Rumah Tangga Miskin di Bangkalan

PortalMadura.Com, Bangkalan – Pemerintah Daerah Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, menganggarkan Rp 350 juta untuk menekan angka kemiskinan yang mencapai 141.500 rumah tangga miskin.

“Anggaran sebesar Rp 350 juta itu untuk mengurangi angka kemiskinan,” terang Kepala Bagian Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinsos Bangkalan, Didik Yanuardi. PortalMadura.Com, Selasa (11/9/2018), melansir dari bangkalankab.go.id.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2017, dari total 300 ribu keluarga di Bangkalan sebanyak 141.500 di antaranya merupakan rumah tangga hidup dalam garis kemiskinan.

Disebutkan, indikator rumah tangga kategori miskin, tidak hanya pada tingkat pendapatan, namun kondisi tempat tinggal juga menjadi salah satu faktor keluarga disebut miskin.

Ia mengungkapkan, untuk Kabupaten Bangkalan sendiri, masyarakat yang dikatakan miskin yakni yang memiliki pendapatan di bawah Rp 1,5 juta per bulan dan tempat tinggalnya tidak layak huni.

Dari anggaran yang ada, pihaknya menggunakan melalui beberapa program untuk pengentas angka kemiskinan tersebut.

Selain itu, ditopang dengan anggaran dari pemerintah pusat. Seperti program rastra, bantuan non tunai dan program lainnya.

Pemerintah Daerah Bangkalan melalui Dinas Sosial setempat menargetkan pada tahun 2018 ini, angka kemiskinan dapat dikurangi hingga 1.000 rumah tangga. (Hartono)

Loading...