Cara Atasi Kulit Kering Akibat Sering Cuci Piring

Avatar of PortalMadura.com
Cara Atasi Kulit Kering Akibat Sering Cuci Piring
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi seseorang yang sering mencuci piring pasti pernah kedapatan tangannya terasa kering dan kasar. Tidak hanya itu, bahkan bisa menjadi merah teriritasi. Hal ini disebabkan karena paparan zat kimia yang terkandung dalam sabun cuci yang dipakainya itu.

Zat kimia sabun yang keras dan tentunya tidak untuk dikenakan ke kulit akan menyebabkan peradangan. Peradangan ini disebut dengan istilah dermatitis atau eksim. Masalah kulit tersebut bisa semakin diperparah dengan gesekan antara kulit dan spons .

Bila kulit terus-menerus terpapar bahan iritan tersebut, lama-kelamaan kulit akan menjadi kering, kemerahan dan mengalami penebalan. Bila masih terus berlangsung, maka kulit dapat retak dan menjadi pecah-pecah. Kulit bisa terasa gatal dan perih bahkan saat tidak mencuci piring.

Bila tangan sudah terlanjur kering dan teriritasi, beberapa tips ini dapat Anda lakukan untuk mengatasinya:

1. Cuci piring pakai sarung tangan karet agar kulit tidak bersentuhan langsung dengan sabun cuci piring dan sponsnya.

2. Untuk meredakan rasa nyeri dan tidak nyaman, kompres dingin pada daerah kulit yang iritasi sebelum Anda menggunakan krim pelembap.

3. Krim kortikosteroid yang dijual bebas di apotek bisa digunakan untuk meredakan iritasi. Jangan gunakan lebih dari 2 minggu. Pastikan pula krim kortikosteroid tidak terkena mata saat mengoleskannya.

4. Gunakan pelembap kulit untuk menjaga kesehatannya. Namun, pakai dulu krim steroid baru lapisi dengan menggunakan krim pelembap tangan.

Cara Mencegah dan Iritasi Akibat Cuci Piring

Sering cuci piring bisa membuat kulit kering, tapi jangan khawatir. Coba ikuti tips berikut untuk mencegah kulit kering agar Anda dapat mencuci piring dengan tenang:

1. Pakai sarung tangan karet lateks setiap kali cuci piring. Jika punya alergi lateks, gunakan sarung tangan karet yang non-lateks.

2. Setelah selesai mencuci piring, segera mencuci tangan hingga bersih dan oleskan krim pelembap agar kulit tetap lembab.

3. Cuci tangan secukupnya. Jangan berulang kali mencuci tangan secara berlebihan karena hanya akan membuat kulit menjadi semakin kering. (kompas.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.