Cara Bersihkan Soket Kelistrikan Aki yang Benar

Avatar of PortalMadura.com
Cara Bersihkan Soket Kelistrikan Aki yang Benar
ilustrasi

PortalMadura.Com – Membersihkan kendaraan perlu dilakukan dengan benar. Sebab, cipratan kotoran di jalan atau dari kolong kendaraan yang menumpuk bisa mengotori .

Akibatnya, akan mengganggu fitur mobil. Yang perlu Anda perhatikan juga saat membersihkannya, jangan sembarangan, ada langkah yang harus diperhatikan untuk membuatnya kembali bersih seperti semula. Berikut tahapan-tahapannya:

Pertama, yang paling penting adalah memilah obat pembersih khusus perangkat kelistrikan. Khusus untuk hal ini karena mengandung unsur listrik, jadi pembersih yang digunakan pun harus yang khusus membersihkan kelistrikan, lebih aman karena tidak menghantarkan arus listrik dan cepat kering.

Beberapa perangkat yang mengalirkan arus listrik, contohnya soket motor wiper. Perangkat ini apabila kotoran menumpuk, pasti akan menyebabkan aliran listrik tidak stabil. Indikasi paling mudah, buka soket dan lihat kondisinya.

Apabila terlihat banyak kotoran menghitam, sudah tandanya untuk dibersihkan. Semprot dan usapkan saja perlahan dengan tangan untuk kotoran membandel. Jika sudah ada karat, mau tidak mau harus diampelas.

Sedangkan untuk kendaraan yang sudah berumur, lihat juga kondisi soket lain seperti kabel menuju koil atupun soket lampu. Efeknya, kabel koil yang longgar bisa mengakibatkan mesin terasa tersendat, begitu juga dengan soket lampu yang bisa membuat sinar lampu menjadi redup. Diusahakan jangan satu sisi soket saja yang disemprot, soket bagian motor juga dibersihkan.

Kelar soket dibersihkan, ada juga perangkat listrik lain yang utama, yaitu terminal aki. Dengan waktu yang cukup lama, biasanya ada kerak putih akibat kondensasi uap air aki yang menumpuk. Kalau terlalu banyak, gejala seperti aki kehabisan setrum biasanya akan menghantui.

Untuk mengatasi ini, sebaiknya menggunakan pembersih khusus listrik atau menggunakan air panas. Semprot, lalu gunakan lap kain bersih. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. (Suara.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.