Cara Jitu Atasi Rantai Motor Bising Saat Musim Hujan

Avatar of PortalMadura.com
Cara Jitu Atasi Rantai Motor Bising Saat Musim Hujan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Di musim hujan seperti sekarang ini, biasanya mengeluarkan suara bising karena kaku dan kotor. Penyebabnya, hal ini bisa terjadi karena rantai kendaraan lebih sering terkena genangan air atau debu yang menempel.

Permasalahan tersebut tidak hanya mengganggu kenyamanan ketika berkendara, namun kotoran yang tidak cepat dibersihkan juga bisa merusak rantai kendaraan. Maka dari itu, penumpukan kotoran harus segera dibersihkan.

Nah, untuk menghilangkan suara bising pada rantai motor, pemilik kendaraan cukup rutin membersihkan rantai dan memberikan pelumas. Pelumasan pada rantai motor sangat penting dilakukan. Disarankan pemilik kendaraan sebaiknya melakukan peluamasan setiap minggu.

Ada beberapa langkah pembersihan dan pelumasan rantai motor yang perlu pemilik kendaraan perhatikan, seperti dikutip Liputan6.com dari Suzuki Indonesia. Yaitu, hal pertama yang harus dilakukan adalah menyemprot rantai dengan cairan penetran, lalu diamkan sesaat. Setelah itu, bersihkan rantai motor dengan sikat khusus atau sikat gigi yang sudah tidak terpakai.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Bersihkan Rantai Motor

Perlu diketahui, bahwa penyemprotan rantai dengan cairan penetran atau minyak tanah bisa membuat kotoran di sekitar rantai dan gear rontok.

Selanjutnya, keringkan rantai motor dengan lap dan lumasi rantai dengan cairan chain lube. Kemudian, semprotkan di mata gear dan rantai secara merata. Selesai.

Ingat, jangan sekali-kali memakai oli bekas untuk melumasi rantai. Oli bekas mengandung kotoran yang dihasilkan dari proses pelumasan mesin. Bahan pelumas yang satu ini juga bisa membuat debu dan kotoran makin menempel di rantai.

Jika sudah melakukan langkah di atas namun rantai motor masih tetap bising, pemilik kendaraan perlu melakukan penyetelan kembali karena rantai yang kendur. Untuk itu, sebaiknya bawa motor ke bengkel.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.