Cara Mengatasi Nyeri Haid yang Mudah dan Cepat

Avatar of PortalMadura.com
Cara Mengatasi Nyeri Haid yang Mudah dan Cepat
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada umumnya, wanita saat menstruasi mengalami nyeri atau kram. Biasanya rasa sakit itu di area perut, punggung bawah, hingga paha. Tidak sedikit juga yang kemudian mengalami kejadian seperti muntah, sakit kepala, bahkan demam.

Saat itu terjadi, Anda pasti akan bertanya-tanya tentang bagaimana cara mengatasi rasa sakit itu. Ada sebagian orang yang meminum jamu atau obat penahan rasa sakit. Namun selain itu, ada cara lain yang cukup mudah untuk dilakukan.

Anda hanya perlu waktu lima menit, nyeri dan kram akan cepat diatasi. Lantas, bagaimana Cara Mengatasi ?. Sebelum itu, Anda perlu mengenali beberapa faktor yang terkait rasa nyeri saat haid.

1. Nyeri muncul ketika aliran darah saat haid sedang lancar dan deras.

2. Moms baru memiliki anak yang pertama, sehingga rasa nyeri saat yang biasa diderita saat sebelum menikah masih terbawa.

3. Biasanya juga dialami oleh remaja yang berusia kurang dari 20 tahun atau yang baru mengalami masa haid.

4. Memiliki kelebihan produksi hormon prostaglandin, yaitu hormon yang mempengaruhi rahim.

Faktor lain di antaranya pertumbuhan di rahim, endometriosis (pertumbuhan jaringan rahim abnormal). Anda juga perlu tahu bahwa tingkat nyeri yang dirasakan setiap orang berbeda. Tetapi jangan khawatir, hal tersebut umum dialami wanita dan bisa melakukan pengobatan di rumah.

Berikut cara untuk meringankan nyeri saat haid pada wanita:

Minum Obat Pereda Nyeri
Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) adalah obat pereda rasa nyeri yang direkomendasikan untuk nyeri haid dan pendarahan menstruasi yang cukup berat. NSAID termasuk ibuproden dan naproxen yang dapat membantu menurunkan produksi prostaglandin tubuh.

Menyeka Perut
Moms bisa pakai air hangat dan dimasukkan ke dalam water bag atau ke botol minuman dan di seka di sekitar perut. Hal tersebut dapat membuat daerah perut hangat sehingga dapat sedikit mengurangi rasa sakit.

Memijat dengan Essensial Oil
Terapi pijat menggunakan essensial oil di daerah perut dan punggung selama 20 menit dapat membantu mengurangi nyeri haid. Pemijatan dilakukan dengan halus agar tidak terjadi penekanan yang keras sehingga memicu kontraksi otot perut.

Menghindari Beberapa Jenis Makanan
Saat haid, usahakan menghindari makanan yang mengandung lemak, alkohol, minuman yang mengandung kafein, dan juga makanan yang asin. Mengurangi makanan tersebut dapat membantu meringankan nyeri saat haid. Sebagai gantinya, Moms dapat membuat teh jahe atau mint untuk menenangkan atau bisa juga menggunakan air lemon yang hangat.

Demikian beberapa Cara Mengatasi Nyeri Haid. Semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan Anda dengan baik. (nakita.grid.id/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.