oleh

Cara Menghilangkan Bau Mulut Tanpa Efek Samping

PortalMadura.Com – Salah satu hal yang bisa membuat seseorang kurang percaya diri saat berbicara dengan orang lain, yaitu bau mulut. Bahkan, orang lain bisa menghindar akibat mulut yang berbau tidak sedap.

Jika Anda mengalami permasalahan yang satu ini tidak perlu khawatir. Sebenarnya, ada cara yang sangat mudah untuk menghilangkan bau mulut, sekaligus untuk menjaga agar gigi dan gusi Anda tetap sehat pada saat yang bersamaan. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bau mulut secara alami atau yang tidak mengandung efek samping?.

9 Cara Menghilangkan Bau Mulut

Berikut ini 9 cara untuk anda yang memiliki masalah dengan bau mulut:

Sering-seringlah Menyikat Gigi Anda dan Bersihkan Gigi dengan Benang
Plak yang menumpuk dan lengket pada gigi Anda, akan mengumpulkan bakteri penyebab bau mulut. Makanan yang tersangkut dan terselip di antara gigi juga menambah masalah.

Sikatlah gigi Anda setidaknya dua kali setiap hari, dan bersihkan dengan benang (dental floss) setidaknya satu kali sehari. Jika Anda khawatir dengan bau mulut Anda, lakukanlah kedua perawatan di atas lebih sering. Namun, jangan melakukannya terlalu berlebihan. Jika berlebihan, justru akan membuat gigi cepat rusak dan rentan terhadap pembusukan.

Cuci Mulut Anda dengan Obat Kumur
Selain berfungsi untuk menyegarkan napas dan menghilangkan bau mulut, obat kumur juga bisa memberikan perlindungan ekstra dengan cara membasmi bakteri dalam mulut. Rasa mint yang segar bisa membuat Anda merasa nyaman. Tapi pastikan dulu, bahwa obat kumur yang Anda pilih bisa membunuh kuman penyebab bau mulut. Bukan hanya menyamarkan baunya saja. Cuci mulut Anda setiap hari dengan obat kumur yang baik dan hilangkan bau mulut tepat pada sumbernya.

Anda juga bisa menghilangkan bau mulut secara alami dengan cara berkumur menggunakan air putih biasa setelah Anda selesai makan. Cara ini bisa menyingkirkan partikel makanan yang masih menempel atau tersangkut di gigi Anda.

Bersihkan Lidah Anda
Lapisan yang biasanya terbentuk pada lidah Anda bisa menjadi tuan rumah bagi bakteri penyebab bau mulut. Untuk menghilangkan bau mulut dengan cepat, bersihkanlah lidah Anda perlahan-lahan dengan sikat gigi Anda.

Jika sikat gigi Anda terlalu besar untuk menyentuh lidah Anda dengan nyaman, cobalah pengikis. Alat tersebut dirancang khusus untuk membersihkan area di permukaan lidah, mampu menghilangkan bakteri, sisa-sisa makanan, dan sel-sel mati.

Hindari Mengonsumsi Makanan yang akan Membuat Mulut Anda Bau
Bawang merah dan bawang putih adalah penyebab bau mulut terbesar. Bahkan, menyikat gigi setelah Anda memakannya tidak akan membantu menghilangkan bau mulut tidak sedap yang diakibatkannya. Zat penyebab bau mulut pada bawang akan masuk ke dalam aliran darah Anda dan menuju ke paru-paru Anda, di mana Anda akan menghirupnya.

Apa cara yang terbaik untuk menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol, bawang putih, dsb?. Jangan memakannya, atau paling tidak menghindari untuk mengonsumsinya sebelum Anda pergi bekerja atau berkencan.

Buang Kebiasaan Merokok
Selain bisa menyebabkan kanker, kebiasaan merokok juga bisa merusak gusi Anda, menodai gigi, dan menyebabkan bau mulut.

Hindari Mengonsumsi Permen setelah Makan Malam, Sebagai Gantinya Kunyahlah Permen Karet
Bakteri di mulut Anda menyukai gula. Gula akan menyebabkan keasaman pada mulut. Hal ini akan membuat gigi Anda jadi rusak dan menyebabkan bau mulut. Kunyahlah permen karet tanpa gula untuk menghilang bau mulut.

Gum (permen karet) merangsang keluarnya air liur dalam mulut, yang merupakan mekanisme pertahanan alami mulut untuk melawan asam plak, yang menyebabkan kerusakan pada gigi dan penyebab bau mulut.

Jaga Kesehatan Gusi Anda
Penyakit pada gusi akan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Bakteri berkumpul di dasar gigi, yang menciptakan bau tidak sedap. Jika Anda menderita penyakit gusi, dokter gigi Anda mungkin akan menyarankan Anda untuk berobat pada seorang periodontis, yang ahli di bidang perawatan gusi.

Basahi Mulut Anda dengan Air
Anda bisa mengalami kerusakan gigi dan bau mulut jika mulut Anda tidak menghasilkan cukup air liur. Cara alami menghilangkan bau mulut yang paling mudah, yaitu minumlah banyak air di siang hari, jika mulut Anda kering.

Cobalah mengunyah permen karet tanpa gula atau mengulum permen bebas gula. Pertimbangkan juga untuk menggunakan humidifier (mesin pelembab udara) di malam hari untuk melembapkan udara di dalam rumah Anda.

Temui dan Mintalah Bantuan pada Dokter
Jika bau mulut Anda tetap tidak kunjung hilang, meskipun Anda telah berupaya keras untuk menghilangkan bau pada mulut, buatlah janji untuk bertemu dengan dokter Anda. Dia akan memeriksa apakah masalah Anda terkait dengan kondisi medis tertentu yang mungkin saja Anda alami. (merdeka.com/Salimah)