oleh

Cara Merawat Speaker Ponsel Agar Tetap Jernih dan Awet

PortalMadura.Com – Dengar musik dan nonton video pada ponsel sepertinya sudah menjadi kebutuhan wajib pagi para penggila musik dan video. Bukan hanya anak kecil saja, orang dewasa juga senang mendengarkan musik dan nonton video.

Pada dasarnya, speaker ponsel merupakan satu bagian yang penting di dalam sebuah perangkat android. Speaker ini berfungsi untuk memungkinkan para penggunanya untuk bisa mendegarkan musik, video, telepon dan sebagainya.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Namun terkadang, speaker pada HP android sangat rentan dan rawan dengan yang namanya kerusakan. Ada berbagai macam jenis kerusakan yang mungkin terjadi pada speaker misalnya saja suaranya yang kurang jelas, suara hancur, suara mati dan sebagainya. Semua kerusakan ini muncul karena kita tidak mengetahui bagaimana cara perawatan speaker yang benar.

Cara Merawat Speaker Ponsel Agar Tetap Jernih dan Awet

Dilansir dari laman Droidide.Com, Minggu (23/8/2020) berikut ini beberapa cara merawat speaker ponsel agar tetap jernih dan awet.

Bersihkan Speaker Secara Berkala

Kunci dari merawat speaker, sudah pasti rajin membersihkan perangkat ponsel terutama speaker ponsel Anda. Perhatikan lubang-lubang kecil dan jangan jorok selama menggunakan ponsel. Meskipun digunakan sehari-hari dan tangan terasa bersih, tapi sumber bakteri dan kotoran itu akan menumpuk.

Kotoran seperti debu jika dibiarkan mengendap terlalu lama pada bagian speaker tentu akan mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkannya. Sebaiknya membersihkan speaker perlu dilakukan secara berkala untuk menjaga kualitas suara agar tidak pecah serta tetap optimal saat digunakan.

Anda dapat membersihkan speaker menggunakan tisu bersih untuk mengelap bagian yang kotor pada speaker. Cara melakukannya Anda harus terlebih dahulu membuka casing ponsel lalu kemudian bersihkan secara perlahan pada bagian speaker yang kotor.

Hindari Mengatur Volume Speaker Terlalu Tinggi

Kini sudah ada pengingat jika Anda menyetel volume di ponsel Anda sampai level maksimal. Sebenarnya, sebuah speaker memiliki ambang volume batas normal, jika ambang tersebut terlampaui akan menyebabkan kerusakan speaker, seperti kita terlalu keras memutar sebuah lagu. Oleh sebab itu usahakan untuk tidak memutar terlalu keras sebuah lagu supaya speaker dapat awet dan tahan lama.

Jauhkan Speaker Dari Magnet Lainnya

Magnet seringkali disebut-sebut bisa membahayakan perangkat ponsel, terutama layarnya jika terlalu sering berdekatan dengan medan magnet. Hal serupa juga berpengaruh ke speaker.

Usahakan Hindari Kontak Langsung dengan Air

Seringkali terjadi, air atau cairan adalah sumber utama penyebab dari kerusakan speaker ponsel. Jika speaker ponsel Anda menimbulkan suara tidak jernih dan bahkan mati. Jadi, hindari air agar speaker gadget Anda lebih awet dan tahan lama.

Selain air, hindari juga kotoran, seperti kerikil kecil, debu dan lainya. Karena kotoran yang kecil tersebut dapat menempel pada speaker dan membuatnya menjadi rusak.

Hindari Speaker Dari Benturan Keras

Salah satu penyebab kerusakan dari speaker yaitu benturan atau ponsel yang terjatuh. Akibatnya, tidak hanya suara gemercik saja tetapi speaker ponsel Anda juga bisa langsung mati seketika. Maka dari itu, hindari terjatuh seminimal mungkin.

Semoga informasi Cara Merawat Speaker Ponsel atau Smartphone diatas dapat membantu anda.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar