Cara Mudah dan Enak Tambah Asupan Protein Ketika Sahur

Avatar of PortalMadura.com
Cara Mudah dan Enak Tambah Asupan Protein Ketika Sahur
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat puasa setiap orang pasti membutuhkan asupan makanan yang cukup agar kuat seharian. Untuk memenuhi kebutuhan tubuh ketika puasa, ada cara mudah dan enak yang bisa Anda lakukan.

Tidak sulit, Anda hanya perlu minum segelas susu saat , maka tubuh Anda tidak akan gampang lemas dan tetap aktif meskipun berpuasa. Sebagaimana yang diungkapkan oleh dokter spesialis gizi klinis, Diana F. Suganda, bahwa asupan protein yang tubuh butuhkan sekitar 7,8 gram per hari. Jumlah sebesar itu bisa diperoleh dari satu potongan besar ayam, ikan, maupun daging merah.

“Sahur itu kan biasanya tidak mau makan terlalu banyak, enggak bisa makan ayam sampai dua potong, atau ikan sampai dua ekor, kita bisa menambahkan susu,” kata Diana pada diskusi Kupas Tuntas Kebaikan Susu untuk Tunjang Kesehatan di kawasan Sudirman.

Menurut Diana, asupan protein tetap masih kurang meskipun ketika sahur sudah memasukkan sumber protein hewani (ayam atau ikan) dan protein nabati (tahu dan tempe) ke dalam satu piring saji.

Oleh sebab itu, bisa Anda tambah dengan meminum segelas susu bervolume kecil, kira-kira 200 ml.

“Dengan 200 ml tapi kamu dapat protein, semua cairan serta mineralnya sudah lengkap,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Diana menegaskan bahwa susu merupakan sumber makanan tambahan, bukan yang utama.

Dulu, di saat jargon ‘empat sehat lima sempurna' masih dijadikan acuan, tidak sedikit orang-orang yang tidak bisa minum susu merasa kalau proses makannya tidak sempurna. “Ya bukan berarti enggak sempurna juga,” kata Diana.

“Susu itu kan salah satu sumber protein hewani atau sumber lemak hewani sebagai penambah dari makanan utama. Jadi salah satu tambahan,” Diana menjelaskan.

Susu disebut sebagai sumber makanan pelengkap atau tambahan karena mengandung tiga nutrisi esensial (makro nutrisi) yang tubuh butuhkan; protein, lemak, dan karbohidrat.

Berbagai kandungan mikro nutrisi seperti kalsium, potasium, dan magnesium juga terkandung di dalamnya.

“Sehingga, jika dikonsumsi sesuai aturan, susu akan memberi dampak positif bagi kesehatan tubuh dalam jangka panjang,” ujarnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.