Cara Mudah Simpan Gula Pasir Supaya Awet dan Tak Menggumpal

Avatar of PortalMadura.com
Cara Mudah Simpan Gula Pasir Supaya Awet dan Tak Menggumpal
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Ada sebuah pepatah mengatakan “Ada gula, ada semut”. Hal ini bermaksud bahwa cita rasanya yang manis itu membuat para semut selalu ingin mendekatinya. Tapi, selain sebagai pemanis dalam suatu makanan atau minuman, gula juga digunakan sebagai bumbu masakan agar terasa gurih dan sedap.

Selain itu, ia juga dimanfaatkan sebagai pengawet alami makanan. Tidak heran, jika gula menjadi bahan makanan yang sangat penting berada di dapur. Nah, agar tidak diikuti berbagai hewan karna rasa manisnya itu, Anda perlu menyimpannya dengan baik agar gula bisa tahan lama dan tidak menggumpal.

Bagaimana caranya?. Untuk menyimpan gula agar tahan lama, simak caranya berikut ini:

1. Saat membeli gula pastikan untuk membeli gula yang berkualitas bagus, tidak menggumpal, berair atau pun dikerubuti semut.

2. Jika gula sudah terbeli, simpan gula di wadah tertutup baik itu toples atau wadah khusus gula.

3. Sebaiknya wadah yang digunakan untuk menyimpan gula bersih dan kering. Wadah yang basah atau kotor bisa membuat gula lebih mudah menggumpal dan kualitasnya menurun.

5. Hindari menyimpan wadah gula di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Gula yang terpapar sinar matahari langsung dan terkena panas akan mudah leleh maupun menggumpal.

6. Hindari menyimpan gula di tempat yang lembap. Gula yang disimpan di tempat lembap juga akan lebih mudah menggumpal bahkan mencair.

7. Agar gula tidak dikerubuti semut, masukan daun jeruk atau daun cengkeh di dalam gula. Semut tidak suka aroma daun jeruk dan daun cengkeh.

8. Saat mengambil gula dari wadahnya, gunakan sendok yang bersih dan kering. Anda juga bisa memakai sendok khusus yang memang digunakan untuk mengambil gula.

Itulah cara menyimpan gula agar tahan lama dan tidak menggumpal. Cara yang sangat mudah bukan?. Selamat mencoba cara ini dan semoga bermanfaat. (fimela.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.