Catat! Ini 4 Makanan Sehat yang Bisa Berubah Jadi Racun

Avatar of PortalMadura.com
Catat! Ini 4 Makanan Sehat yang Bisa Berubah Jadi Racun
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagian orang berfikir bahwa segala bentuk pasti akan tetap menjaga kandungan nutrisinya walaupun diproses dengan cara apapun.

Padahal, ada beberapa makanan sehat yang apabila Anda salah dalam mengolahnya justru bisa berubah menjadi yang membahayakan bagi tubuh. Salah satu kesalahannya karena terlalu lama memasaknya atau mendinginkannya.

Berikut daftar makanan yang perlu Anda waspadai tersebut:

Nasi
Banyak orang yang suka mengonsumsi nasi. Bahkan, nasi sudah menjadi makanan pokok bagi orang Indonesia. Nasi memang mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Tapi, banyak orang yang suka mendinginkan nasi usai memasaknya. Nasi dingin rawan akan bakteri yang bisa menyebabkan masalah pencernaan.

Kentang
Sama seperti nasi, jangan mendinginkan kentang yang telah direbus atau digoreng. Kentang merupakan makanan yang mengandung zat tepung yang cepat terkontaminasi bakteri saat disimpan terlalu lama.

Jadi, jangan membiarkan kentang yang telah dimasak terlalu lama. Sebaiknya, makanlah kentang tersebut tepat setelah dimasak.

Popcorn yang Dimasak dengan Microwave
Apakah Anda suka popcorn yang dimasak dengan microwave?. Jika Anda sering mengonsumsinya, maka hentikan kebiasaan tersebut.

Memasak popcorn di microwave membuat makanan tersebut menjadi beracun. Popcorn memiliki asam perfluorooctanoic yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Hal itu bisa membuat sistem pencernaan terganggu.

Roti Bakar
Apakah Anda suka makan roti panggang yang dibakar dengan sangat matang?. Jangan memakannya lagi. Saat Anda membakar roti, ia melepaskan akrilamida yang dapat menciptakan masalah pencernaan.

Bahkan dapat membuat Anda menderita sembelit dan tubuh terlalu banyak memproduksi gas. Tapi jangan khawatir, Anda tetap bisa mengonsumsi roti bakar, asalkan jangan membakarnya terlalu berlebihan.

Ayam
Tidak ada yang meragukan kelezatan ayam, entah digoreng, dipanggang atau dimasak. Tapi, saat ayam yang telah dimasak menjadi dingin, ayam tersebut justru meracuni tubuh Anda.

Hal tersebut juga akan merusak komposisi protein yang ada pada ayam. Jadi, Anda tidak akan mendapatkan manfaat apapun saat mengonsumsinya. (kompas.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.