Catatan DPRD Sumenep Atas LKPJ Bupati

Avatar of PortalMadura.com
Catatan DPRD Sumenep Atas LKPJ Bupati
Sidang Peripurna DPRD Sumenep (Foto. Istimewa)

PortalMadura.Com, – DPRD Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mengidentifikasi sejumlah catatan penting untuk perbaikan kinerja para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Sumenep.

Hal tersebut disampaikan pada gelaran Rapat Paripurna dengan agenda penyampaian laporan Panitia Khusus (Pansus) atas Laporan Keterangan Pertanggung jawaban (LKPJ) Bupati akhir tahun anggaran 2018, pada Senin (18/3/2019).

Ketua Pansus , Nurus Salam mengemukakan, beberapa catatan atas kebijakan maupun kinerja sejumlah OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang perlu menjadi perhatian khusus, adalah Bupati hendaknya segera menindaklanjuti dengan melakukan pembenahan dan penyempurnaan atas kinerja OPD.

“Misalnya menyangkut klise pendapatan, perencanaan yang kurang matang, belum adanya skala prioritas dalam pembangunan jalan dan permasalahan kesehatan, termasuk soal pertumbuhan angka kemiskinan yang tidak dapat ditekan,” tandasnya.

Pansus DPRD Sumenep menemukan angka kemiskinan dari tahun 2017 sampai 2018 mengalami kenaikan mencapai 7 ribu jiwa. “Ini mendapat sorotan tajam oleh Pansus LKPJ Bupati itu,” katanya.

Berawal dari hal tersebut, maka Pansus berkesimpulan, “APBD Sumenep tidak berbanding lurus terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ucap politisi Gerindra ini.

Menurutnya, APBD Sumenep yang mencapai Rp2 triliun lebih seharusnya berbanding lurus dengan peningkatan kesejehteraan masyarakat Sumenep. “Misalnya mampu menekan angka kemiskinan dan mendorong peningkatan IPM,” ujarnya.

Pansus juga menilai, pertumbuhan ekonomi Sumenep masih 5,1 persen dan kalah dengan Provinsi Jatim yang sudah mencapai 5,7 persen dan nasional mencapai 5,17 persen.

“Mestinya, Bupati bersama tim eksekutif lainnya melakukan kajian agar ada dampak positif terhadap peningkatan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Pihaknya bersama anggota Pansus lainnya sengaja lebih memperbanyak catatan untuk LKPJ Bupati agar menjadi bahan kajian dan dapat diterapkan dalam kebijakan Pemerintah Kabupaten Sumenep.

“Dengan sejumlah catatan dari Pansus LKPJ Bupati diharapkan dapat membuat trobosan baru agar pencapaian perencanaan pembangunan pada tahun 2019 dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” tandasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.