Cegah Kepunahan, Sumenep Gelar Seni Suara Ayam Bekisar Tingkat Nasional

Avatar of PortalMadura.com
Cegah Kepunahan, Sumenep Gelar Seni Suara Ayam Bekisar Tingkat Nasional
Bupati Sumenep Memperlihatkan Ayam Bekisar Warna Putih (Foto: Samsul Arifin)

PortalMadura.Com, – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dan pecinta bekisar menggelar lomba seni suara , Minggu (22/7/2018).

Lomba yang digelar di Lapangan Gor A. Yani Sumenep ini bertaraf nasional. Peserta yang datang berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Jakarta, Bali, Surabaya dan Madura sendiri. Total peserta sebanyak 135 untuk tingkat pratama, 49 peserta madya dan 28 utama.

“Kami sangat berterima kasih pada panitia yang telah menggelar lomba suara ayam bekisar ini,” kata , A. Busyro Karim dalam sambutannya.

Menurut orang nomor satu di Bumi Sumekar ini, lomba ini merupakan salah satu bentuk mempertahankan budaya dan potensi yang ada. Sebab, ayam bekisar ini merupakan potensi Sumenep.

“Awal ayam bekisar ini di Pulau Kangean Sumenep, bukan daerah lain. Makanya dengan lomba seperti ini bisa mempertahankan budaya dan potensi Sumenep,” ucapnya.

Ia berharap, tidak hanya mempertahankan tapi juga mengembangkan potensi yang ada. Dari yang selama ini hanya menjadi hobi, memelihara ayam bekisar ini harus bisa mewujudkan peningkatan ekonomi masyarakat.

“Caranya, harus ada penangkaran khusus di Kangean. Ini harus didukung oleh pemerintah agar masyarakat juga mendapatkan dampak positif secara ekonomi,” tegasnya. (Arifin/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.