oleh

Cegah Korupsi, KPK Datang ke Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Dr. Nurul Ghufron datang ke Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Senin (28/9/2020).

Pria kelahiran Sumenep menjadi nara sumber pada Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Korupsi bertempat di ruang rapat Arya Wiraraja Pemkab Sumenep.

Hadir para pimpinan OPD, ASN pada pejabat struktural sampai staf pelaksana di masing-masing OPD.

Selain itu, unit kerja di lingkungan kecamatan, UPT Puskesmas, serta asosiasi kepala desa yang ikut serta melalui daring.

Nurul Ghufron mengaku yakin, di Kabupaten Sumenep memiliki SDM yang mumpuni untuk mencegah tindak pidana korupsi.

“Pihak inspektorat [dimana pun] termasuk di Sumenep memiliki kemampuan yang cukup, baik itu auditor SDM maupun lainnya untuk menghindari tindak pidana korupsi,” katanya saat menyampaikan materi.

Namun yang perlu diperhatikan, pihaknya mencontohkan bidang perijinan, jika tidak dibuat syarat dan ketentuan yang jelas [transparan], maka akan ada tindakan korupsi.

iklan hari santri

“Kalau syarat dan ketentuan itu sudah jelas, maka tidak akan ada korupsi. Itu bicara bidang perijinanan,” terangnya.

Maka ia mengingatkan, agar tidak terjadi tindak pidana korupsi, perlu mempersiapkan SDM yang bagus. Selain itu, bagaimana inventarisasi potensi daerah dan bagaimana belanja yang efisien.

“Itu semua agar pemerintah daerah lebih kuat demi kesejehteraan rakyat,” ungkapnya.

Sementara, Bupati Sumenep A. Busyro Karim menyampaikan, dari sosialisasi pencegahan tindak pidana korupsi ini agar semua pihak terhindar dari perilaku yang koruptif.

“Sehingga kedepan, tata kelola pemerintahan semakin baik, akuntabel, efisien dan efektif. Pada gilirannya akan berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan publik,” katanya.

Kegiatan ini, kata dia, merupakan salah satu upaya dari pemerintah Kabupaten Sumenep untuk memberikan pemahaman yang benar terkait pencegahan tindakan korupsi.

“Saya berharap, hasil dari acara ini mampu diimplementasikan setiap hari di lingkungan kerjanya masing-masing,” harapnya.

Pihaknya juga bangga dan menyampaikan terima kasih karena ada putra daerah yang menjadi pimpinan KPK, sehingga dapat mengharumkan nama Kabupaten Sumenep.(*)

Penulis : Hartono
Editor : Muthmainnatul Lizamah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.