oleh

Cegah Stunting Sejak 1000 Hari Pertama Kehidupan

PortalMadura.Com, Sumenep – Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar sosialisasi Pendidikan Keluarga pada 1000 Hari Pertama Kehidupan, bertempat di salah satu hotel di Jl. Trunojoyo.

Salah satu nara sumber yang dihadirkan Reza Oklavian, S.Kom dengan materi Kebijakan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga.

Reza Oklavian mengatakan, pertumbuhan otak yang sangat pesat terjadi pada 1000 hari pertama kehidupan atau usia 0-2 tahun.

“Jangan sia-siakan kesempatan emas ini untuk mengoptimalkan perkembangan otak si kecil pada usia itu,” katanya, Jumat (19/10/2018).

Pihaknya menyebutkan, pencegahan stunting yang dapat dilakukan dimulai dari 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) diantaranya, ibu hamil mendapat tablet tambah darah minimal 90 tablet selama kehamilan, pemberian makanan tambahan untuk ibu hamil.

Selain itu, inisiasi menyusui dini (IMD) sesaat setelah persalinan, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), dan memantau pertumbuhan anak yaitu berat dan tinggi badan.

Loading...

Berikan imunisasi dasar lengkap dan vitamin A pada bulan Februari dan Agustus, memberikan MP ASI pada balita usia di atas 6 bulan dan yang terakhir memberikan ASI eksklusif pada bayi hingga 6 bulan dan ASI hingga 24 bulan.

“Jadi, pencegahan stunting itu dimulai secara khusus sejak 1000 hari pertama kehidupan kehamilan,” tegasnya.

Tak kalah pentingnya adalah pendidikan keluarga agar dapat memahami apa yang akan dilakukan selama 1000 hari pertama kehidupan tersebut.

“Silahkan memilih siapa yang akan dijadikan tenaga pendidik bagi keluarga. Semisal tenaga medis,” ucapnya.

Jika dalam 1000 hari pertama kehidupan tersebut tidak maksimal dilakukan, maka bisa saja terjadi hal yang tidak diingin, misalnya, gagal tumbuh, kecil, pendek, dan kurus, lambat dalam perkembngan berfikir.

“Ini perlu kesadaran semua pihak, terutama dalam lingkup keluarga,” tandasnya.

Kegiatan sosialisasi Pendidikan Keluarga pada 1000 Hari Pertama Kehidupan tersebut dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Sumenep, Nurfitriana Busyro Karim. (Hartono)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar