oleh

Ciptakan PSU Damai, KPU Sampang Gelar Istigasah dan Ikrar Bersama

PortalMadura.Com, Sampang – Penyelenggara Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Bupati – Wakil Bupati Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, menggelar istigasah di pendopo Bupati dan pembacaan ikrar bersama.

Pada kegiatan tersebut melibatkan tiga pasangan calon (Paslon), tim pendukung paslong, Forkopimda, penyelenggara pemilu, aparat keamanan, dan elemen lainnya.

Komisioner KPU Sampang, Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat (Parmas), Miftahur Rozaq memaparkan, ada lima item yang tertuang dalam ikrar bersama demi suksesnya pelaksanaan PSU Pilbup 27 Oktober 2018.

Diantaranya, siap menjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UU RI 1945, siap mensukseskan PSU yang damai, demokratis, dan mengedukasi dalam rangka mewujudkan kedaulatan pemilih, siap melaksanakan PSU secara jujur, adil, transparan, akuntabel, tanpa hoax, intimidasi dan kekerasan, serta tanpa politik uang.

“Juga ada item ikrar, siap menyelesaikan permasalahan apapun dengan mekanisme hukum serta tunduk dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku. Terakhir, siap menang dan dan siap kalah pada pelaksanaan PSU Pilbup 2018,” terangnya, Selasa (9/10/2018).

Sementara, Ketua KPU Jawa Timur, Eko Sasmito mengajak seluruh stakeholder, tokoh masyarakat, dan elemen masyarakat umum bersama-sama satu komitmen melaksanakan PSU dengan baik, damai dan kondusif.

Loading...

“Tanpa terkecuali, kami memohon kepada para Ulama mendoakan PSU mendatang agar berjalan dengan lancar. Karena KPU Sampang telah menjalankan tugasnya dan mengevaluasi secara terbuka,” tandasnya.

Eko mengaku telah melakukan pengecekan semua persiapan yang dilakukan oleh KPU Sampang, termasuk tahapan pendistribusian logistik ke setiap kecamatan.

“Sejarah Pemilu di Sampang dari tahun ke tahun mempunyai ciri khas dan memiliki inspirasi. Namun, apa yang sudah kita evaluasi mulai soft atau membaik,” lanjutnya.

Terpisah, Penjabat (Pj) Bupati Sampang, Jonathan Judianto berkomitmen sejak awal mendukung dan mensukseskan pelaksanaan PSU yang telah menjadi amanah dari Mahkamah Konstitusi.

“Mari, bersama-sama kita dukung pelaksanaan PSU supaya berjalan dengan lancar, sukses serta bisa menjaga keadaan tetap kondusif,” sambungnya.

Ia meminta kepada penyelenggara baik KPU dan Bawaslu bersikap profesional dan netral supaya pelaksanaan PSU berjalan sebagaimana tahapan dan sesuai harapan.

PSU Pilbup Sampang 2018, diikuti tiga pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati, yaitu nomor urut (1) H. Slamet Junaidi – H Abdullah Hidayat (Jihad), paslon nomor urut (2) H. Hermanto Subaidi – H. Suparto (Mantap), dan paslon nomor urut (3) H. Hisan – H. Abdullah Mansyur (Hisbullah).

Pihak KPU Sampang, KPU Jatim, dan Pj Bupati Sampang mengajak masyarakat bisa berpartisiasi untuk datang ke TPS dengan menggunakan hak pilihnya pada pelaksanaan PSU Pilbup pada Sabtu 27 Oktober 2018.(Rafi/Desy)





Berita PortalMadura
Loading...

Komentar