oleh

Cuaca Ekstrem, Gelombang di Perairan Sumenep Capai 6 Meter

PortalMadura.Com, Sumenep – Ketinggian ombak di perairan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mencapai 6 meter. Dengan ketinggian ombak tersebut, warga yang biasa beraktivitas di laut dihimbau agar menundanya karena cuaca laut mengancam keselamatan.

“Tinggi gelombang yang mencapai 5 hingga 6 meter itu terjadi di perairan Pulau Masalembu dan Kangean. Itu terjadi sejak kemarin,” kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalianget Sumenep, Usmad Khalid, Rabu (23/1/2019).

Menurutnya, pihaknya telah mengeluarkan himbauan atau peringatan dini atas tingginya gelombang di dua wilayah tersebut. Para nelayan diharapkan memerhatikan himbauan tersebut demi keselamatan masyarakat.

Baca Juga: Pamekasan Siapkan Pemekaran Sejumlah Desa dan Kecamatan

“Kami harapkan para nelayan untuk sementara ini menunda dulu untuk melaut, karena cuaca sedang ekstrem,” harapnya.

Lebih lanjut, ia menegaskan, cuaca ektrem di dua wilayah tersebut diprediksi akan berlangsung sampai dengan tanggal 27 Januari 2019. Kendati demikian, BMKG berjanji setiap hari akan terus memantau perkembangan cuaca.

“Kecepatan angin maksimum mencapai 32 knot atau 59 km per jam dari arah barat laut dan barat daya,” tukasnya. (Arifin/Putri)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE