oleh

Cuaca Ekstrim, Perahu Rakyat Ini Dihempas Ombak

PortalMadura.Com, Sumenep – Cuaca ekstrim yang melanda wilayah pesisir utara kota Sumenep, Madura, Jawa Timur membuat para nelayan sibuk harus menyelamatkan perahunya yang ditambatkan di bibir pantai.

Salah satunya, terjadi di Desa Semaan, Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep. Sebuah perahu milik warga setempat diterjang ombak. Warga pun panik dan terpaksa harus menambatkan perahunya ke tempat yang lebih aman.

Warga pun bergotong-royong untuk menyelamatkan perahu dari kegenasan ombak yang terjadi setiap hari. “Ombak besar dan air pasang hingga ke bibir pantai terjadi setiap hari menjelang siang sampai malam,” terang Wahdi (56), salah seorang nelayan Desa Semaan, Kecamatan Dasuk, Sumenep, Minggu (4/1/2015).

Perahu yang ditambatkan di bibir pantai terancam rusak diterjang ombak. “Semua perahu milik warga harus ditambatkan ke tempat yang lebih aman, karena ombak besar itu datang dengan tiba-tiba,” terangnya.

Para nelayan kini tidak beraktivitas di laut, mereka harus mencari pekerjaan lain untuk menutupi kebutuhan hidupanya. Sebagian diantara mereka, memperbaiki perahu dan jaring ikan yang rusak.(Hartono)

Komentar