Cumi Kuah Hitam Kental Ala Madura, Rasanya Bikin Nagih

Avatar of PortalMadura.com
Cumi Kuah Hitam Kental Ala Madura, Rasanya Bikin Nagih
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Banyak orang yang menyukai makanan laut seperti cumi karena tidak memiliki tulang. Tapi ada juga yang tidak suka lantaran tinta hitamnya yang terlalu pekat.

Padahal, tinta cumi memiliki kadar gizi yang jarang orang ketahui. Tinta cumi mengandung zat besi serta kandungan mineral yang sangat tinggi dan baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

Nah, bagi Anda yang suka dengan tinta hitamnya itu. Ada kuah hitam kental ala Madura yang nikmatnya sangat spesial. Ingin mencoba?. Ini dia cara membuatnya:

Bahan yang dibutuhkan:

Cumi-cumi segar sebanyak 500 gram
Air jeruk nipis sebanyak 1 sdm
Penyedap masakan secukupnya
Daun jeruk sebanyak 2 lembar, buang tulang dan sobek
Minyak goreng sebanyak 5 sdm
Garam halus sebanyak 1 sdt
Gula pasir sebanyak 1 sdt

Bumbu Halus :

Bawang putih sebanyak 8 siung
Bawang merah sebanyak 8 butir
Lengkuas sebanyak 1 cm
Jahe sebanyak 1 cm
Cabai merah besar sebanyak 2 buah
Cabai rawit merah sebanyak 15 buah

Cara membuat Cumi Kuah Hitam Kental :

Pertama, olah terlebih dahulu cumi-cumi dengan cara membersihkan kotoran atau lumpur yang mungkin menempel, cuci di bawah air mengalir. Jangan lupa untuk membuang bagian plastik yang ada di badan cumi.

Pisahkan badan cumi dengan kepalanya, lalu potong-potong badan cumi sepanjang 1 cm, pastikan untuk tidak membuang semua tinta cumi ya. Jika sudah bersih, tiriskan cumi dan masukan ke dalam wadah bersih.

Di dalam wadah yang berisi cumi tadi, tambahkan air jeruk nipis kemudian aduk-aduk hingga rata. Jika tidak memiliki jeruk nipis, Anda bisa menggunakan air lemon. Remas-remas cumi selama 5 detik kemudian biarkan cumi selama 10 menit.

Proses ini untuk mengurangi bau amis pada cumi dan membuat cita rasa cumi semakin segar. Jika sudah 10 menit, bilas kembali cumi hingga bersih lalu tiriskan.

Haluskan semua bumbu menggunakan blender atau cobek sampai di dapat bumbu yang halus dan menyatu. Pastikan juga bahwa semua bahan tidak ada yang masih berbentuk butiran.

Siapkan wajan bersih kemudian tambahkan minyak goreng ke dalamnya. Takaran minyak goreng disesuaikan dengan keinginan Anda yaitu 3-5 sdm. Jerang di atas api sedang sampai minyak betul-betul panas.

Tambahkan bumbu halus yang sebelumnya sudah dibuat tadi. Masukan juga daun jeruk ke dalamnya. Masak sambil sesekali diaduk sampai bumbu halus matang dan harum.

Terakhir, masukan cumi bersih yang sudah siapkan tadi ke dalam wajan kemudian aduk-aduk. Tambahkan pula gula serta garam halus untuk memperkuat cita rasa masakan ini. Masak kurang lebih 10 menit sampai cumi matang dan empuk. Matikan api dan cumi hitam siap untuk menemani santap siang Anda. Selamat mencoba. (resepnasional.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.