Dana Banpol Rp1,3 Miliar Siap Dikucurkan Bagi 10 Parpol

Avatar of PortalMadura.Com
Dana Banpol Rp1,3 Miliar Siap Dikucurkan Bagi 10 Parpol
dok. Bendera Parpol

PortalMadura.Com, – Sebanyak 10 Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur akan mendapatkan dana Bantuan Partai Politik (Banpol) di tahun 2018.

Total dana yang disiapkan oleh pemerintah daerah setempat mencapai Rp1,3 miliar. Pada tahun 2017, parpol di Bangkalan tidak menerima Banpol akibat SK tidak ditandatangani oleh bupati setempat.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Bangkalan, Tommy Firyanto mengaku telah menerima SK Penetapan Bantuan Politik dan SK Tim Verifikasi yang ditandatangani oleh bupati di tahun 2018 ini.

SK tersebut sebagai dasar hukum untuk memberikan bantuan kepada sejumlah partai politik. “Selanjutnya kita membuat edaran ke parpol, ada sepuluh parpol yang mendapat bantuan dana itu,” terang dia saat ditemui di kantornya, Kamis (24/5/2018).

Dana sebesar Rp1,3 miliar baru bisa dicairkan setelah tim verifikasi yang terdiri dari Bakesbangpol, Inspektorat, KPUD, dan Administrasi Pemerintahan Umum (Adpum) serta bagian hukum pemkab melakukan verifikasi terhadap proposal kegiatan parpol.

Dana itu akan dikucurkan untuk pendidikan politik dan kesekretariatan Parpol. “Hari ini sudah kita kirimkan surat edaran, setelah ngumpul nanti kita datangkan tim itu,” ungkapnya.
(Hamid/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.