oleh

Datang ke UTM, Rocky Gerung Minta Mahasiswa Kritis dan Peka Lingkungan

PortalMadura.Com, Bangkalan – Rocky Gerung menghadiri seminar yang diadakan BEM Fakultas Hukum Universitas Trunojoyo Madura (UTM) di Bangkalan, Jawa Timur.

Acara yang digelar di Aula Rektorat lantai 10 UTM itu, bertemakan ‘Merawat Indonesia dengan Pola Pikir sebagai bagian dari DNA Mahasiswa‘ dengan dihadiri lebih dari 400 peserta, Jumat (30/8/2019).

Pemateri lainnya, Wakil Dekan II Fakultas Hukum UTM, Dr. Safi’ S.H., M.H. Termasuk unsur pejabat dari pemerintah daerah.

Rocky Gerung menyampaikan, kondisi mahasiswa Indonesia masih ‘tertidur lelap’ dan belum terlalu kritis dan peka terhadap isu-isu terkini.

Pihaknya ingin membangunkan DNA kritis yang tertidur tersebut karena memang hal itu merupakan bagian dari mahasiswa agar tidak tutup telinga dan mata terhadap persoalan bangsa yang terjadi saat ini.

“Mahasiswa UTM tadi sangat antusias termasuk pertanyaan yang dilontarkan sudah mulai kritis, namun masih belum mendasar, mereka harus menjadi sosial kontrol agar pemerintah tidak sewenang-wenang,” katanya.

Kampus, kata dia, sangatlah penting untuk merawat intelektual, karena mahasiswa nantinya harus menjadi benteng bangsa dan jangan sampai masuk dalam global kapitalisme.

“Elemen keadilan ada pada mahasiswa, dua hari harus sudah terbangun pola kritisnya ketika suatu hal yang tidak enak dilihat, pemalsuan isu yang selama ini dibangun harus dibongkar,” tandasnya.

Wakil Dekan III UTM, Mukhlis, S.H., M.H saat sambutan menyampaikan, tema yang diusung pada seminar tersebut sungguh luar biasa. Saat ini sifat kritis mahasiswa terhadap lingkungan sosial perlu dipertanyakan.

“Entah faktor apa. Seiring berkembangnya teknologi mahasiswa saat ini sudah tidak seperti zaman dahulu, tema yang provokatif tapi penuh makna ini sangat pas untuk kondisi saat ini karena Bung Rocky ketika mengkritisi selalu memakai logika yang luar biasa,” ujarnya.

Sementara, Gubernur Fakultas Hukum UTM, Moh. Syahfudin, yang menjadi penggagas seminar nasional menyampaikan terima kasih.

Tujuan mendatangkan Rocky Gerung adalah untuk membuka wawasan sekaligus pola pikir kritis mahasiswa.

“Sebagai calon-calon pemimpin dan pemikir-pemikir di masa depan, kita harapkan mahasiswa ini bisa benar-benar mengedepankan pola kritisnya dan lebih peka terhadap lingkungan sekitar,” ucapnya.(*)

Penulis : Imron
Editor : Putri Kuzaifah
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE