Datangi DPRD Bangkalan, AKD Desak Pemilihan BPD Cepat Digelar

Avatar of PortalMadura.com
Datangi DPRD Bangkalan, AKD Desak Pemilihan BPD Cepat Digelar
AKD datangi kantor DPRD Bangkalan (Foto. Imron)

PortalMadura.Com, – Puluhan kepala desa yang tergabung dalam Aliansi Kepala Desa (AKD) mendatangi kantor , Madura, Jawa Timur, Rabu (16/10/2019).

Mereka meminta Komisi A DPRD Bangkalan untuk mengawal pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang sebelumnya dijadwalkan pada tanggal 9 Oktober 2019, namun jadwal pemilihannya ditunda.

“Kalau ditunda-tunda terus akan menimbulkan konflik baru, dan gesekan baru, kapan pastinya pemilihan ini segera ditentukan,” kata salah seorang anggota , Khoirul Anam.

Menurut Khoirul Anam, penundaan akan berdampak terhadap pengajuan pencairan Dana Desa (DD) tahap ketiga yang terancam tidak bisa dicairkan, karena jabatan anggota BPD yang sudah berakhir tidak bisa menandatangani proposal pengajuan pencairan DD.

“Terutama berdampak bagi desa yang jabatan BPD-nya berakhir, khusus pengajuan DD tahap ketiga,” terangnya.

Ia menyampaikan, tidak semua desa mengalami permasalahan dalam proses pemilihan BPD. Bahkan pihaknya menjamin pelaksanaan pemilihan BPD secara musyawarah mufakat akan berlangsung aman dan damai.

Dari 256 desa yang akan melaksanakan pemilihan BPD serentak pada 9 Oktober lalu, sebenarnya sudah siap untuk melaksanakan pemilihan tanpa kendala yang begitu berarti.

Untuk itu, Ia mendesak kepada pihak Komisi A dan pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) agar memastikan kapan pemilihannya.

“Pelantikan Presiden kan sekitar tanggal 21 sampai tanggal 23. Jadi, jangan diundur-undur lagi lah,” harapnya.

Menanggapi kedatangan puluhan kepala desa yang mengatasnamakan AKD tersebut. Sekretaris Komisi A DPRD Bangkalan, Agus Kurniawan, berjanji akan melakukan langkah konkret dengan memanggil kembali mitra kerjanya.

“Sudah kita ketahui, bahwa surat penundaan dari Bupati sudah turun. Ya, kita ingin dengar langsung situasi di bawah itu seperti apa. Ya kita panggil DPMD, kita sampaikan aspirasi AKD ini, biar semuanya cepat selesai,” pungkasnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.