Demi Kebahagiaan, Luangkanlah Waktu 27 Menit di Pagi Hari

Avatar of PortalMadura.Com
Demi Kebahagiaan, Luangkanlah Waktu 27 Menit di Pagi Hari
ilustrasi

PortalMadura.Com – Perubahan sederhana saat pertama kali bangun tidur, dapat membantu mengembalikan suasana hati, dan bahkan meningkatkan kebahagiaan. Namun, bangun tidur di sisi yang salah bisa mempengaruhi suasana hati. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan suasana hati, secara langsung. Dan semua itu dimulai dengan mengubah rutinitas pagi.

Hanya meluangkan waktu 27 menit, kita bisa memulai hari tanpa stres, selalu dipenuhi energi positif, pikiran yang mudah menerima informasi, dan hidup menjadi lebih baik tentunya.

Melakukan latihan pernapasan untuk menurunkan stres
Stres dapat menjadi faktor yang berkontribusi terhadap masalah kesehatan mental dan fisik. Demi menurunkan tingkat stres, cobalah meluangkan waktu lima menit saja untuk melakukan latihan pernapasan. Kita bisa memanfaatkan momen bangun tidur ini untuk memulai hari bebas dari stres. Emma Seppala mengatakan, melatih pernapasan sangat membantu untuk menurunkan tingkat stres.

Latihan pernapasan dan sistem saraf parasimpatis berkaitan erat dengan sistem pencernaan dan kemampuan tubuh untuk beristirahat. Banyak riset yang membuktikan bahwa emosi seseorang terkait dengan pola napas. Dengan kata lain, kita bisa mempengaruhi emosi dengan mengubah cara kita bernapas. Dengan hanya menggunakan lima menit dari waktu yang kita miliki untuk melatih teknik pernapasan, kita dapat mengurangi kadar hormon stres kortisol. Otomatis, cara ini juga bisa memperbaiki suasana hati kita.

Menuliskan tiga hal yang kita syukuri
Shawn Anchor mengatakan, bahwa hanya dengan meluangkan sedikit waktu untuk berfokus pada rasa syukur, kita juga melatih otak kita agar hanya melihat sisi positif dari pada negatif. Setelah meningkatkan suasana hati melalui pernapasan, langkah berikutnya adalah meluangkan waktu dua menit saat pagi hari dengan merasa bersyukur.

Cara ini bisa kita lakukan dengan menuliskan tiga hal yang kita syukuri. Teknik ini memungkinkan untuk memprogram ulang otak kita agar menjadi lebih positif. Pada akhirnya, inilah yang dapat meningkatkan kinerja dan memaksimalkan potensi kita.

Pelajari hal baru
Meluangkan waktu 20 menit untuk mempelajari hal baru adalah langkah berikutnya agar hari kita menjadi lebih baik. Kita bisa melakukannya dengan belajar sendiri atau bertukar pikiran bersama orang lain. Hanya dalam waktu 20 menit, kita bisa memperluas pengetahuan serta memperkuat ikatan dengan sekitar. Kedua hal ini sangat penting untuk pertumbuhan kita sebagai manusia.

Belajar merupakan kebutuhan inti untuk kesejahteraan psikologis. Belajar dapat membantu manusia membangun kepercayaan diri, dan efikasi diri atau kepercayaan individu pada kemampuannya untuk sukses. Langkah ini membantu pertumbuhan diri yang juga dapat meningkatkan suasana hati kita.

Semua langkah ini hanya membutuhkan waktu 27 menit setiap harinya. Namun, langkah ini dapat secara positif mempengaruhi hampir setiap aspek kehidupan dan memastikan suasana hati yang buruk tidak akan bertahan sepanjang hari.(Kompas.Com/Nurul)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.