Demokrat Jatim Kawal Gugatan Pilkada Sumenep ke MK

Avatar of PortalMadura.Com
Demokrat Jatim Kawal Gugatan Pilkada Sumenep ke MK
Dok. Demokrat (IST)

PortalMadura.Com – DPD Partai Demokrat Jawa Timur akan mengawal gugatan Pilkada Sumenep, Madura yang diajukan pasangan calon (Paslon) nomor urut 2, Zainal Abidin-Dewi Khalifah () ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Ketua DPD Partai Soekarwo mengaku akan all out di Mahkamah Konstitusi (MK) atas dugaan kecurangan dalam proses Pilkada serentak 9 Desember 2015, di Kabupaten Sumenep.

“Jika MK telah menetapkan menerima gugatan, maka Partai Demokrat akan berjuang bersama paslon untuk mendapatkan keadilan, karena apa yang terjadi di Sumenep adalah bagian dari tindakan mengambil hak orang sekaligus mencederai proses demokrasi,” ungkap Soekarwo, saat ditemui di DPP Partai Demokrat, Minggu (20/12/2015) dilansir skalanews.com.

Menurut Soekarwo, dalam mengajukan gugatan, partai tetap akan mengawal paslon ZA-EVA (Zainal Abidin-Dewi Khalifah) dengan  mengikuti aturan yang ada. Karena dalam Pilkada serentak kali ini, untuk calon mengajukan gugatan ada syarat minimal persentase selisih suara.

Gugatan ke MK, sambungnya, merupakan bagian dalam mencari keadilan dan Indonesia adalah negara hukum, sehingga semua proses yang tidak benar harus ditindaklanjuti secara hukum.

“Jika tidak mengajukan gugatan artinya melakukan pembiaran atas ketidakadilan, dan gugatan harus dilakukan, selain untuk mendapatkan keadilan sekaligus untuk memperbaiki proses demokrasi yang ada,” pungkasnya.

Sebelumnya, berdasarkan Rapat Pleno Terbuka yang tertuang dalam Surat Keputusan KPU Kabupaten Sumenep nomor 25/Kpts/KPU-Kab-014.329908/2015, tentang Penetapan Hasil Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep Tahun 2015, pada pukul 17.10 WIB, Kamis (17/12/2015), ditetapkan Paslon 1, A Busyro Karim-Achmad Fauzi (Busyro-Fauzi) yang diusung PKB, PDI Perjuangan dan NasDem meraup 301.887 suara.

Sedangkan ZAEVA yang diusung delapan (8) partai politik, yakni Partai Demokrat, PAN, PKS, PPP, Gerindra, Hanura, Golkar dan PBB memperoleh 291.779 suara.

Dan paslon 1, Busyro-Fauzi unggul 10.108 suara atau dengan selisih 1,7 persen suara.

Sedangkan jumlah DPT Pilkada Sumenep sebanyak 903.164 jiwa dari penduduk Kabupaten Sumenep yang mencapai 1.041.915 jiwa.(skalanews.com/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.