Desa di Pamekasan Digerojok Dana Rp48 Miliar

Avatar of PortalMadura.Com

PortalMadura.Com, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, mengalokasikan anggaran sebesar Rp48 miliar lebih untuk pengembangan desa.

Bupati Pamekasan, Achmad Syafii, Senin (20/4/2015) mengatakan, kucuran dana tersebut merupakan salah satu program yang dijanjikan saat kampanye pemilihan kepada daerah (Pilkada) tahun 2013.

“Untuk anggaran tahun 2014 dana yang kami alokasikan antara Rp61.400.000 hingga Rp163.100.000 dan untuk tahun anggaran berjalan, alokasi yang diarahkan ke desa antara Rp381.408.424 hingga Rp962.039.440,” jelasnya.

Dalam janji politiknya, terdapat 7 program aksi yang disampaikan kepada masyarakat kala itu, salah satunya, mengalokasikan anggaran minimal Rp300 juta per tahun untuk pembangunan infrastruktur, ekonomi dan sumber daya manusia (SDM) masyarakat desa.

“Angka Rp300 juta tersebut merupakan dana minimal yang dialokasikan Pemkab. Sebab realisasinya, dana yang dikucurkan ke masing-masing desa lebih dari Rp 300 juta,” tambahnya.

Mantan anggota DPR RI ini melanjutkan, dengan kucuran dana itu diharapkan pemerintah desa dapat merealisasikan dengan baik. Pasalnya, kegiatan itu bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Yaitu berupa pembangunan jaringan listrik, pengembangan dan penataan pasar desa, peningkatan usaha ekonomi sebagai upaya mendukung usaha sektor informal, dan pemberdayaan ekonomi rakyat berbasis lembaga keuangan mikro,” pungkasnya. (Marzukiy/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.