Detik-Detik Penampakan Awan Hitam dari Langit Sumenep

Avatar of PortalMadura.Com

PortalMadura.Com, – Penampakan awan hitam atau yang sering disebut awan (cumulonimbus) terlihat menjulang dari langit Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Warga setempat menyebutnya “pala' taon“. Awan hitam itu direkam warga dan menyebar di grup aplikasi percakapan. Dalam rekaman video tercatat tanggal 21 Februari 2023, pukul 12.01. Lokasi pengambilan video sekitar Pabian, Sumenep.

Pada video berdurasi 27 detik itu, penampakan awan hitam lurus pemanjang ke atas dan ekornya (bagian bawah) menyentuh kumpalan awan lainnya. “Pala' taon, pala' taon (puting beliung),” suara pria dalam video itu.

BMKG menyebutkan, ada beberapa fase terbentuknya awan hingga potensi bahaya. Fase awal, terbentuknya awan cumulonimbus (CB) dimulai dari naiknya massa udara lembab, perlahan mendingin, serta berkondensasi membentuk awan cumulus.

Kemudian fase matang, ditandai dengan mulainya adanya arus udara turun. Dan pada fase ini, puncak awan dapat tumbuh mencapai lapisan atmosfer yang sangat tinggi dan membentuk landasan awan (anvil).

Sedangkan ketiga fase meluruh, dimulai saat updraft melemah dan didominasi oleh downdraft (hujan turun) pada sebagian besar sistem awan.

Awan awan cumulonimbus yang tumbuh pada area dengan geser angin kuat dapat tumbuh lebih dahsyat.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.