Dewan Pers akan Rumuskan Pemeringkatan Media Siber

Avatar of PortalMadura.com
Dewan Pers akan Rumuskan Pemeringkatan Media Siber

PortalMadura.Com, Mojokerto – Ketua Komisi Kemitraan dan Sarana Organisasi, , Atmaji Sapto Anggoro membuka Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) ke-4 Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Timur.

Rakerwil ke-4 digelar di Pendopo Sabha Mandala Krida Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto, Sabtu (18/6/2022).

Dalam Rakerwil ke-4, AMSI Jawa Timur mengangkat tema ‘Jatim Digital Day Menuju Ekosistem Digital untuk Kebangkitan Ekonomi Kreatif dan UMKM Jawa Timur'. Setidaknya ada 47 perusahaan media di Jawa Timur tergabung dalam AMSI Jawa Timur sejak berdiri tahun 2017.

Ketua Komisi Kemitraan dan Sarana Organisasi, Dewan Pers, Atmaji Sapto Anggoro mengatakan, Rakerwil AMSI di Jawa Timur sudah terlaksana empat kali dan paling banyak anggota. Sapto mengingatkan media untuk menjaga kualitas atau kompetensi wartawan yang dimilikinya.

“Secara khusus, anggota Dewan Pers memberi apresiasi kepada Polri khususnya Kapolres Sampang, AKBP Arman yang mewajibkan wartawan yang liputan harus sudah lulus uji kompetensi Dewan Pers. Untuk wartawan, UKW (Ujian Kompetensi Wartawan) ada muda, madya dan utama. Media juga ada tahapan verifikasi faktual,” ungkapnya.

Menurutnya, apa yang dilakukan Kapolres Sampang merupan bagian menjaga MoU Kapolri dengan Dewan Pers. Sehingga pihaknya mengapresiasi setinggi-tingginya, karena apa yang dilakukan tersebut akan membuat kehidupan jurnalistik akan lebih baik. Keberanian kepolisian tersebut diharapkan juga bisa diikuti instansi lain.

“Dengan pertumbuhan media saat ini, ada yang bikin ekosistem kurang baik. Terutama dalam hal model bisnis yang selama ini banyak menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah. Untuk itu, Dewan Pers dalam waktu dekat bakal merumuskan untuk perangkingan media siber di Indonesia. Tidak hanya berdasarkan perankingan dari sistem online oleh web ranking,” tegasnya.

Selain pembobotan dari rangking web itu, Dewan Pers akan buat bobot dari hasil verifikasi Dewan Pers, wartawannya sudah uji kompetensi. Harapannya, lanjut Sapto, media bisa terlindungi sehingga Dewan Pers akan banyak jemput bola, dan yakin AMSI Jawa Timur bisa berbuat dan melakukan yang terbaik.

Turut hadir Ketua Komisi Kemitraan dan Saranan Organisasi, Dewan Pers, Atmaji Sapto Anggoro, Ketua AMSI Pusat, Wenseslaus Manggut, Anggota Badan Pengawas dan Pertimbangan AMSI Dwi Eko Lokononto, Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto, Kapolresta Mojokerto, AKBP Rofiq Ripto Himawan.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.