Di Zaman Milenial, Belasan Ribu Warga Pamekasan Masih Buta Huruf

Avatar of PortalMadura.com
Di Zaman Milenial Belasan Ribu Warga Pamekasan Masih Buta Huruf
Ilustrasi (Seru Jambi)

PortalMadura.Com, – Hingga tahun 2018, tercatat ada sekitar 17 ribu warga Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, masih buta huruf. Angka tersebut menurun dari pada tahun sebelumnya yang berjumlah sekitar 18 ribu.

Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah Dinas Pendidikan (Disdik) Pamekasan, Suyut mengungkapkan, pada tahun 2018, pihaknya lebih mengutamakan dua kecamatan dalam program Keaksaraan Fungsional (KF) tersebut. Yaitu, Kecamatan Batumarmar dan Kecamatan Pasean, sebab di dua kecamatan itu warga yang buta huruf lebih banyak dari kecamatan lainnya.

“Kalau angka buta huruf dari tahun ke tahun menurun, tahun 2017 sekitar 18 ribu, tahun 2018 sekitar 17 ribu. Tetapi kami memprioritaskan dua kecamatan untuk progran KF tahun ini,” ungkapnya, Rabu (28/11/2018).

Dikatakan, tahun 2018 anggaran untuk pengentasan buta huruf tersebut sebesar Rp 100 juta yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Sementara untuk tahun 2019 anggarannya belum diketahui lantaran sampai sekarang APBD belum disahkan.

“Teman-teman di bawah melaksanakan program itu sesuai dengan anggaran yang ada. Kemungkinan besar, program KF terus berlanjut hingga tahun 2019, tapi sekarang APBD belum ditetapkan,” pungkasnya. (Marzukiy/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.