oleh

Dialog Kepariwisataan, PWI Sumenep Datangkan Kadispar Lombok Barat

PortalMadura.Com, Sumenep – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur akan menggelar dialog Kepariwisataan dengan tema ” Mengukuhkan Arah Pariwisata Sumenep” Minggu (25/2/2018) di kawasan Pantai Lombang, Kecamatan Batang-batang, Sumenep.

Dalam agenda yang merupakan rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2018 dan HUT ke 72 PWI itu, panitia pelaksana menghadirkan narasumber Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, NTB, Drs.M. Ispan Junaidi, S.Pd., M.Ed, dan Perwakilan dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Timur, Hendro Soedrisman serta Bupati Sumenep, A Busyro Karim.

“Persiapannya sudah matang dan semua narasumber, termasuk kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat siap hadir, tinggal persiapan teknis pada hari “H” untuk pelaksanaan dialog nanti,” kata Ketua pelaksana, M Syamsul Arifin, Kamis (22/2/2018).

Dalam dialog tersebut, PWI Sumenep sengaja menhadirkan narasumber dari Lombok Barat karena disana sudah sukses mengelola sektor pariwisata dengan kultur masyarakat yang relatif sama dengan Sumenep yakni mayoritas kultur pesantren dan nahdliyin.

“Kami para wartawan yang tergabung dalam organisasi profesi PWI ini juga ingin memberikan sumbangsih pemikiran terhadap pemerintah dalam pengelolaan destinasi wisata dengan cara dialog,” ungkap Ketua PWI Sumenep, Ach Rifai.

Ia berharap, Dialog Kepariwisataan yang menghadirkan narasumber yang kompeten itu bisa mengukuhkan arah pariwisata di kabupaten ujung timur Pulau Madura ini. Sebab, semua pihak menginginkan pengelolaan wisata di Bumi Sumekar ini sukses dan bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitar sehingga kesejahteraan masyarakat bisa meningkat dari sektor pengelolaan objek wisata tersebut.

“Sumenep ini milik kita bersama sehingga siapapun bertanggungjawab atas kemajuannya termasuk dalam pengelolaan objek wisata,” tegas wartawan Harian Surya tersebut.

Sebelumnya, PWI Sumenep juga menggelar ziarah pers ke sejumlah tokoh wartawan yang telah mendahuluinya dan resepsi HPN 2018 dan HUT ke 72 PWI yang dihadiri oleh Bupati Sumenep A Busyro Karim serta anggota Forpimda lainnya. Kedua acara tersebut merupakan rentetan dari HPN 2018 dan HUT ke 72 PWI. (Desy/Putri).