Diberi Nama Rumah Pintar Pemilu Arek Lancor, Ternyata Ini Filosofinya

Avatar of PortalMadura.com
Diberi Nama Rumah Pintar Pemilu Arek Lancor, Ternyata Ini Filosofinya
Peluncuran Rumah Pintar Pemilu Arek Lancor oleh Ketua KPU Pamekasan, Moh. Hamzah

PortalMadura.Com, – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, meluncurkan Rumah Pintar Pemilu (RPP) dengan nama RPP Arek Lancor, Rabu (17/5/2017).

Ketua , Moh. Hamzah mengungkapkan, RPP merupakan program KPU RI yang mewajibkan setiap KPU kabupaten/kota mendirikan RPP agar masyarakat dengan mudah belajar tentang nilai-nilai demokrasi, Pemilihan Umum (Pemilu) serta pengetahuan lain tentang pemilu.

“Adanya RPP ini untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu ketimbang sebelumnya. Ini merupakan bagian edukasi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat menggunakan hak pilihnya,” ujar Hamzah.

Menurut Hamzah, pihaknya sengaja memberi nama RPP Arek Lancor lantaran ada makna filosofi yang terkandung di dalamnya bahwa KPU sebagai pelaksana pemilu bisa termotifasi dari makna patriotisme yang ada pada lambang Arek Lancor tersebut.

“Kita memang sepakati dengan nama Arek Lancor, karena Arek Lancor itu merupakan bagian simbol penghargaan dari perjuangan perlawanan rakyat Pamekasan melawan penjajahan Belanda ketika itu,” terangnya.

Dia melanjutkan, simbol dari lima Arek Lancor tersebut berbeda dengan celurit, sebab kalau celurit itu tanpa lancor. Sementara Lancor itu menunjukkan sikap patriotisme yang perlu dicontoh sebagai pelaksana pemilu.

“Nilai-nilai kebenaran, keadilan dan tegas menjadi pijakan kita sebagai penyelenggara pemilu dalam menegakkan kebenaran sesuai regulasi kepemiluan. Sehingga menjadi pemilu yang lebih baik dan berkualitas, ” pungkasnya. (Marzukiy/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.