Dihadapan BEM se Jatim, Rektor Unija : Tanggungjawab Mahasiswa Itu Pada Tuhan dan Bangsa

Avatar of PortalMadura.Com
Wabup Sumenep Fauzi didampingi Alwiyah
Wabup Sumenep Fauzi didampingi Alwiyah

PortalMadura.Com, – Rektor () Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Alwiyah mengungkapkan, bahwa tanggungjawab mahasiswa itu, selain pada Tuhan (Allah) juga pada bangsa dan negara.

“Ide mahasiswa itu harus terbangun dari pemikiran yang relegius, dinamis, peduli sosial serta mandiri. Artinya, mahasiswa itu mempunyai tanggungjawab pada Allah, bangsa dan negara,” kata Alwiyah, pada sambutan pembukaan pertemuan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se Jatim di Unija, Senin (11/4/2016).

Menurut rektor cantik ini, secara otomatis dari identitas mahasiswa itu, akan terpantul taggungjawabnya sebagai kaum intelektual, warga negara yang beragama, serta sebagai individu yang mempunyai tanggungjawab pada lingkungan dan pada dirinya sendiri.

Diakui, peran mahasiswa itu cukup berat bila tidak ditopang dengan pengetahuan akademik yang cukup, moral yang kuat dan kepekaan sosial.

“Apalagi mau berperan di dunia politik, karena mau tidak mau mahasiswa harus memerankan diri di dunia politik, tapi ingat jangan sampai salah dalam berperan,” ungkapnya.

Ia mengatakan, mahasiswa itu boleh menjerit dan mengkritisi segala macam persoalan disemua sektor kebijakan pemerintah, namun perlu penguasaan materi dan mempunyai solusi cerdas yang ditawarkan.

“Mahasiswa itu berangkat dari insan akademik, jadi tidak cukup hanya mengkritisi tanpa memberikan solusi sebagai kaum intelektual,” tandasnya.

Apa yang dilakukan, sambungnya, akan menjadi tanggungjawab dirinya pada bangsa dan negara, sekaligus pada dirinya sebagai hamba Allah. “Jadi, selamat melakukan pertemuan pada BEM se Jatim, yang kali pertama di tempatkan di Unija Sumenep. Semoga melahirkan ide-ide bagus, terutama untuk kebaikan Sumenep,” pungkasnya.

Tema yang diangkat pada di Unija Sumenep, yakni “Menakar Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Sumenep melalui Pengelolaan SDA Daerah”. Hadir Ketua DPRD Sumenep, Herman Dali Kusuma dan dibuka oleh Wakil Bupati Sumenep, Ahkmad Fauzi. (Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.