Dinilai Memberatkan, Biaya Pengamanan Pilkades Capai Rp 90 Juta Perdesa

Avatar of PortalMadura.Com
ilustrasi
ilustrasi

PortalMadura.Com, pelaksanaan pemilihan kepala desa () di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, tergolong cukup mahal. Setiap Pilkades, pihak panitia harus mengeluarkan sekitar Rp 70 juta – Rp 90 juta.

“Isu yang beredar biaya pengamanan Pilkades disini sangat mahal. Biaya pengamanan setiap Pilkades mencapai Rp 70 juta. Bahkan, ada yang hingga Rp 90 juta,” kata anggota DPRD Bangkalan, Hotib Marzuki, Senin (2/3/2015).

Menurutnya, biaya pengamanan Pilkades di daerah lain tidak sampai menguras biaya sebanyak itu. Sehingga kondisi tersebut sangat memberatkan Panitia Pilkades.

“Jika informasi ini benar, diharapkan biaya pengamanan Pilkades bisa ditekan, dan selama ini biaya pengamanan Pilkades tidak ada yang dibawah Rp 20 juta” ujarnya.

Kapolres Bangkalan, AKBP Sulistiyono, mengatakan bahwa biaya pengamanan Pilkades tidak sampai merangkak tinggi seperti tersebut.

“Itu tidak benar, apabila itu benar, maka siapa yang meminta, dan diberikan pada siapa uangnya, untuk hitungannya,  setiap anggota diberi uang makan senilai Rp 45 ribu, uang transport Rp 20 ribu dan uang saku Rp 25 ribu” bantahnya

Ia juga mengatakan, dalam menerjunkan anggota ke lokasi Pilkades, terlebih dulu dilihat indeknya, apabila rawan, anggota yang diturunkan lebih banyak.(suhul/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.