oleh

Dinkes Menilai Sumenep Tak Bebas Penyakit Difteri

PortalMadura.Com, Sumenep – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dr. Fatoni menyatakan, pada tahun 2017 kabupaten ujung timur Pulau Madura ini tidak bebas dari penyakit difteri. Pasalnya, 4 orang termasuk suspek penyakit difteri.

“Ada empat orang termasuk suspek penyakit difteri. Setelah dicek, dari empat orang itu, satu orang positif terjangkit penyakit defteri, tiga orang lainnya tidak,” kata Kepala Dinkes Sumenep, dr Fatoni, Senin (11/12/2017).

Menurut Fatoni, untuk penyakit difteri ini, meski hanya satu pasien yang dinyatakan positif, tapi tetap masuk kategori Kejadian Luar Biasa (KLB). Sehingga pemerintah daerah telah melakukan langkah-langkah, termasuk sosialisasi dan imunisasi untuk mencegah virus tersebut.

“Untuk di Madura, hanya Pamekasan yang bebas difteri, sedangkan tiga kabupaten lainnya seperti Bangkalan, Sampang dan Sumenep dinyatakan tidak bebas difteri karena ditemukan warga terkena penyakit tersebut,” ucapnya.

Untuk pasien difteri tersebut merupakan warga Kecamatan Kalianget. Namun, pasien tersebut berhasil diselamatkan. Penyakit tersebut memang gampang menular di daerah jalur transportasi dan mobilitas tinggi. Salah satu indikasinya, pasien tersebut mengalami panas tinggi dan pernafasan akut.

“Penyembuhannya segera langsung dibawa ke Puskesmas, di sana obat sudah tersedia dengan lengkap. Jangan sampai lambat membawa pasien tersebut jika sudah ada indikasi-indikasi panas tinggi dan terganggunya pernafasan,” tegasnya. (Arifin/Putri)

Loading...