Diprediksi Capai 70 Juta Barel Minyak, KKKS EML Mulai Tajak Sumur Eksplorasi ENC-02 di Sumenep

Avatar of PortalMadura.Com
Diprediksi Capai 70 Juta Barel Minyak, KKKS EML Mulai Tajak Sumur Eksplorasi ENC-02 di Sumenep
Lokasi Pemboran Sumur Eksplorasi ENC-02 PT EML di Sumenep (Foto. Istimewa)

PortalMadura.Com, – Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) PT Energi Mineral Langgeng (EML) memulai kegiatan tajak pemboran , Minggu (9/9/2018) siang, setelah melakukan persiapan sekitar tiga bulan.

General Manager EML, Sopandi Tossin mengungkapkan, target kedalaman sumur eksplorasi ini direncanakan mencapai sekitar 9,800 kaki dan akan menembus beberapa jenis lapisan batuan.

Di samping untuk mendapatkan data bawah permukaan dari jenis batuan dan unsur geologi lainnya, kegiatan ini juga diharapkan dapat membuktikan keberadaan hidrokarbon yang ekonomis di perut Bumi Sumenep.

“Kami memperkirakan besar sumberdaya sekitar 70 juta barel minyak,” ujar alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) ini.

Pria berdarah Sunda ini menuturkan, EML adalah perusahan migas nasional yang murni dimiliki oleh pribumi dan tidak ada kontaminasi modal dari luar.

Sampai saat ini, menurut Sopandi, secara keseluruhan personel pengelola perusahaan juga merupakan pribumi tulen. “Sehingga, segala resiko yang timbul akan merupakan resiko dan pengorbanan secara pribadi bangsa kita sendiri,” tandasnya.

“Yang lebih membanggakan lagi, rig yang kita lihat berdiri (di lokasi) ini, juga dimiliki pribumi yang berasal dari Sumenep,” ujarnya seraya memperkenalkan pimpinan PT Roda Drilling Nusantara, pemilik rig RDN 101 yang digunakan oleh EML untuk pekerjaan pemboran Sumur Eksplorasi ENC-02.

Sementara itu, Kepala Departemen Operasi SKK Migas Perwakilan Jabanusa, Indra Zulkarnain mengaku terkejut setelah tahu bahwa pemilik rig yang digunakan dalam kegiatan ini adalah warga Sumenep.

“Jadi ini TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri)-nya bisa dibilang 100 persen. Dari situ saja, investasinya kembali lagi ke warga yang berasal dari Kabupaten Sumenep,” tuturnya.

Pria yang akrab disapa Indra ini menjelaskan, SKK Migas mewakili pemerintah sangat menghargai yang mau berinvestasi di Kabupaten Sumenep.

Dia juga menegaskan, karena masih dalam tahap eksplorasi, maka seluruh biaya dan resiko sepenuhnya masih ditanggung oleh PT EML.

“Semua biaya belum dikeluarkan oleh SKK Migas atau pemerintah. Jadi semua biaya yang diinvestasikan di sini masih merupakan biaya dari PT EML. Nanti dikembalikan oleh SKK Migas kalau sudah ditemukan cadangan migas yang ekonomis. Kalau nggak ekonomis, kita nggak akan kembalikan biayanya,” tegasnya.

Di tempat sama, melalui sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Carto, Bupati Sumenep A. Busyro Karim juga menegaskan bahwa pemerintah daerah senantiasa mendukung setiap ikhtiar, baik yang dilakukan oleh pribadi, kelompok, maupun korporasi, yang bisa memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sumenep.

“Bapak Bupati Sumenep juga berpesan, agar SKK Migas dan EML senantiasa memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan kerja dalam tajak ini. Tingkat resiko harus dikendalikan seminimal mungkin, dan keberhasilan eksplorasi ini adalah harapan kita bersama,” imbuh Carto saat membacakan sambutan Bupati.

Busyro juga menghimbau agar masyarakat Desa Tanjung dan sekitarnya untuk tetap tenang, dan melakukan klarifikasi kepada pihak terkait manakala ada informasi atau isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

“Mari kita dukung produksi migas dan kegiatan eksplorasi migas ini untuk kepentingan negara, kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat,” pesan Busyro.

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Karimiyah Braji, Gapura, Sumenep ini juga menegaskan, masyarakat Desa Tanjung dan sekitarnya harus mendukung kelancaran dan kesuksesan eksplorasi ENC-02 ini.

“Insya Allah, Desa Tanjung akan semakin tersanjung dengan keberhasilan eksplorasi migas ENC-02 ini,” pungkasnya.

Diprediksi Capai 70 Juta Barel Minyak, KKKS EML Mulai Tajak Sumur Eksplorasi ENC-02 di Sumenep
Ditandai dengan pemulukan gong oleh Plt. Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Sumenep, Carto, KKKS EML Mulai Tajak Sumur Eksplorasi ENC-02 di Sumenep, Minggu (9/9/2018). (Foto. Istimewa)

Prosesi upacara persiapan tajak di tanggal cantik ini (9-9) dilangsungkan secara sederhana di lokasi pemboran di Desa Tanjung, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Ditandai dengan pemukulan gong oleh Plt. Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Sumenep, Carto, kegiatan eksplorasi migas oleh perusahaan nasional tersebut secara resmi dimulai.

Diprediksi Capai 70 Juta Barel Minyak, KKKS EML Mulai Tajak Sumur Eksplorasi ENC-02 di Sumenep
KKKS EML Mulai Tajak Sumur Eksplorasi ENC-02 di Sumenep, Minggu (9/9/2018). (Foto. Istimewa)

Tampak hadir dalam upacara tajak ini, Wakil Kepala Polres Sumenep Sutarno, Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Sumenep Herpin Hadat, dan Pasi Teritorial Kodim 0827/Sumenep Suratman.

Hadir pula Kepala Dinas Perhubungan Sumenep Sustono, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Syahrial, Kepala Bagian ESDA Setda Kabupaten Sumenep Abd. Kahir dan beberapa pimpinan organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Sumenep.(*/Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.