Disdik Pamekasan Larang Sekolah Tarik Uang Gedung

Avatar of PortalMadura.Com
Disdik Pamekasan Larang Sekolah Tarik Uang Gedung
dok. Sekolah

PortalMadura.Com, – Dinas Pendidikan (Disdik) Pamekasan, Madura, Jawa Timur tidak memperbolehkan di bawah naungannya menarik kepada siswanya guna menghindari polemik di kemudian hari.

Kepala Disdik Pamekasan, Mohammad Yusuf Suhartono menegaskan, pihaknya selama ini tidak menanggungkan biaya gedung kepada orang tua siswa agar dapat membantu meringankan biaya pendidikan mereka. Utamanya, orang tua yang kurang mampu dari segi ekonomi.

“Sekolah tidak boleh menarik uang gedung, sebenarnya sepanjang sepakat dengan orang tua tidak masalah. Karena tanggungjawab pendidikan itu ada pada pemerintah dan juga orang tua,” ungkapnya, Senin (20/7/2015).

Dia tidak mengilak, meski penetapan uang gedung berdasarkan musyawarah dengan orang tua, namun kerap terjadi polemik di kemudian hari, lantaran sebagian dari mereka pada dasarnya tidak menyetujui adanya kesepakatan yang ditelurkan dalam rapat tersebut.

“Sekolah harus menyerap aspirasi, kadang-kadang sekolah itu sudah rapat dengan orang tua, misalnya sudah ada keputusan sekian biayanya dan sekolah mengizinkan bagi yang tidak mampu bisa dapat keringanan dan bahkan bisa bebas. Tapi yang tidak mampu itu mungkin malu, sehingga mereka bicara di luar,” bebernya.

Dengan demikian, sekolah seyogyanya tidak menerapkan penarikan biaya gedung guna menghindari hal yang tidak diinginkan. Serta demi kelancaran proses pendidikan kebelakang. (Marzukiy/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.