Disdik Pamekasan Setuju UN Dihapus

Avatar of PortalMadura.com
Disdik Pamekasan Setuju UN Dihapus
Ilustrasi

PortalMadura.Com, – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, sepakat atas rencana penghapusan (UN) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala , Prama Jaya mengungkapkan, banyak aspek yang menjadi tolok ukur keberhasilan pendidikan Indonesia, tidak sekadar hasil dari UN yang seakan menjadi barometer selama ini.

“Keberhasilan pendidikan itu tidak hanya dari aspek kognitif, tetapi juga psikomotorik, budi pekerti dan keterampilan siswa,” katanya, Rabu (11/12/2019).

Selain itu, keberhasilan siswa selama ini hanya diukur oleh tiga mata pelajaran yang menjadi materi khusus UN. Padahal, beberapa tahun di bangku sekolah dipelajari banyak mata pelajaran yang tentu kecenderungan siswa berbeda-beda.

“Tiga mata pelajaran yang jadi bahan UN bersifat kognitif. Jadi, kami setuju dengan rencana penghapusan UN dari program pendidikan di Indonesia,” tandasnya.

Baca Juga : Diskop Sumenep Lakukan Pendataan Koperasi Tak Aktif

Namun demikian, rencana penghapusan UN harus melalui kajian matang bersama beberapa pihak yang selama ini terlibat, misalnya institusi kepolisian. Karena menurutnya, pelibatan anggota polisi dalam pelaksanaan UN tidak perlu lantaran bukan hal yang darurat.

“Memang perlu duduk bersama terlebih dahulu dengan pihak-pihak terkait guna membahas rencana penghapusan ujian bagi siswa kelas akhir itu. Pelibatan anggota kepolisian dan pengawasan silang itu tidak perlu. Karena UN itu peristiwa yang biasa-biasa saja,” jelasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.