Ditjen Kerjasama Asean Kemenlu RI Bentuk PSA di Unija Sumenep

Avatar of PortalMadura.Com
Ditjen Kerjasama Asean Kemenlu RI Bentuk PSA di Unija Sumenep
Kerjasama

PortalMadura.Com, – Direktorat Jendral Kerjasama Asean Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia melakukan kerjasama dengan Universitas Wiraraja Sumenep, Madura, Jawa Timur dengan membentuk Pusat Studi Asean di kampus cemara itu.

Dalam penandatanganan nota kesepahaman antara Ditjen Kerjasama Asean Kementerian Luar Negeri RI dengan mengenai pembentukan Pusat Studi Asean (PSA) itu dihadiri langsung Direktur Jendral Kerjasama Asean Kementerian Luar Negeri RI, I Gusti Agung Weseka Puja dan Irjen Kemenlu RI, Ibnu Said.

“Keuntungan adanya pusat Studi Asean (PSA) ini menambah jaringan dengan perguruan tinggi lain, bukan hanya mengembangkan civitas akademika, tapi hubungan pengalaman dengan doses di PT lain. Bertambahnya jaringan ini menambah meningkatnya SDM juga,” kata Direktur Jendral Kerjasama Asean Kementerian Luar Negeri RI, I Gusti Agung Weseka Puja, Senin (1/6/2015).

Ia menyampaikan, di Indonesia sudah terbentuk PSA di 14 Perguruan Tinggi. Dari 14 PT itu ada 2 PT yang swasta, yakni Unija Sumenep dan satu perguruan tinggi di Jakarta.

“Di Jatim ada 3 PT, yakni Uniiversitas Brawijaya Malang, Universitas Airlangga Surabaya dan Universitas Wiraraja Sumenep,” paparnya.

Sementara itu, Rektor Unija Sumenep, Alwiyah menerangkan, PSA di Unija ini diharapkan tidak hanya dibentuk, tapi dilakukan penyatuan antara Unija dengan PSA yang ada di 13 PT lain.

“Nanti kami bisa melakukan penelitian kesiapan masyarakat Madura menghadapi ekonomi Asean dan itu perlu dukungan dari banyak pihak,” tuturnya.

Ia juga menegaskan, pihaknya butuh banyak informasi dari Kemenlu RI, agar sejumlah program bisa ditelorkan di kampus Cemara ini.

“Sekecil apapun informasi dari Kemenlu RI kami butuhkan sehingga bisa dikembangkan di Unija,” imbuhnya. (arifin/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.