Dorong Kemandirian, Pemuda Sumenep Dicekoki Materi Kepemudaan

Avatar of PortalMadura.Com
Dorong Kemandirian, Pemuda Sumenep Dicekoki Materi Kepemudaan
Diklat Kepemudaan

PortalMadura.Com, – Para di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur didorong untuk menjadi pemuda mandiri. Itu dilakukan dalam bentuk kegiatan bimbingan teknik kepemudaan di salah satu aula hotel, Jalan Trunojoyo, Sumenep, Senin (16/11/2015).

PJ Bupati Sumenep, Sudharmawan mengungkapkan, upaya penyadaran dan pemberdayaan serta pengembangan pemuda perlu didorong oleh pemerintah sebagai pihak yang memotivasi, memediasi dan memfasilatasi eksistensi dalam kemajuan pemuda .

“Kegiatan ini bagian dari salah satu aktualisasi yang diharapkan mampu mentransformasi ilmu pengetahuan dari para nara sumber untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Menurutnya, ilmu pengetahuan yang telah diperoleh selama bimtek hendaknya ditularkan kepada teman-teman atau para pemuda lainya.

“Kegiatan ini sangat terbatas, tidak semua pemuda bisa ikut. Maka, yang telah dibekali materi hendaknya mampu menjadi aktor-aktor pendorong kemajuan diwilayah yang telah dipersiapkan,” tegasnya.

Hal tersebut sejalan dengan berlakunya undang-Undang Nomor 40 tahun 2009, tentang kepemudaan yang subtansinya diarahkan ke tiga aspek utama, yakni aspek Penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan pemuda untuk memahami dan menyikapi perubahan lingkungan melalui penumbuhan kesadaran hak dan kewajiban bermasyarakat semangat bela Negara dan penyiapan regenerasi diberbagai bidang.

Sementara, Kabag Kesmas Pemkab Sumenep, Moh Sahwan menjelaskan, kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) Kepemudaan tahun 2015 tersebut banyak materi yang akan diperoleh. Bahkan, ada tes bakat dan minat dengan pemateri Lilik Fadlilatin Azizah,S.Pd, M.Psi, dari Surabaya .

Kewirausahaan, dengan pemateri Mr. Masyur, SH dari Surabaya dan pemberian motivasi dengan tema menumbuhkan Self Confident menjadi Enterpreneur handal dengan pemateri Evi Febriani, S.Pd. M.Psi. Dari Sumenep .

“Dengan bimtek ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan keterampilan, pengembangan karakter dan budaya dan berwirausaha, mendorong terwujudnya lapangan pekerjaan baru dan mempercepat pengembangan wilayah untuk kemandirian pemuda daerah,” tandasnya.

Kegitan yang akan berlangsung selama dua hari, yakni  tanggal 16 sampai dengan tanggal 17 November 2015 itu, diikuti para pemuda wilayah daratan dan kepulauan.

Hadir dalam acara pembukaan, antara lain, Sekdakab Sumenep, Hadi Soetarto serta pejabat pemerintah dilingkungan Pemkab Sumenep,dan seluruh camat.(Rahman/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.