DPR RI : Lebih Baik Madura Menjadi Zona Ekonomi Khusus

Avatar of PortalMadura.Com
MH Said Abdullah
dok. Said Abdullah

PortalMadura.Com, – Anggota DPR RI, MH Said Abdullah menyatakan, lebih baik Pulau Madura yang memiliki 4 Kabupaten, yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep ini menjadi zona ekonomi khusus dibanding menjadi sebagaimana diwacanakan pihak-pihak tertentu.

“Kalau tujuan Provinsi Madura itu untuk menginginkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, lebih baik Madura ini menjadi kawasan atau zona ekonomi khusus saja seperti Batam, Tanjung Pinang dan Sabang,” terang MH Said Abdullah, di Sumenep, Senin (9/11/2015).

Lebih lanjut politisi PDI Perjuangan itu menerangkan, kawasan ekonomi khusus atau (special economic zone-SEZ) itu adalah kawasan tertentu dalam suatu negara yang punya payung hukum ekonomi lebih liberal.

“Tujuan utamanya untuk meningkatkan investasi asing. Praktek SEZ ini muncul dengan beragam nama, mulai dari kawasan perdagangan bebas, kawasan pemrosesan barang ekspor, kawasan bebas, kawasan industri, dan pelabuhan bebas. Dengan ini, masyarakat Madura tidak perlu takut akan kehilangan kultur Maduranya,” harapnya.

Jika Madura menjadi zona ekonomi khusus, dipastikan akan mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Tidak lagi ada kesenjangan dibidang ekonomi antara Jawa dengan Madura. Mungkin itu lebih baik, dari pada membentuk provinsi Madura,” tegasnya.

Ia menambahkan, sebagai aspirasi, wacana provinsi Madura itu sah-sah saja, tapi kalau sampai melakukan deklarasi, lebih baik ditahan dulu. Sebab, SDM dan SDA nya masih perlu pertimbangkan.

“Kalau menjadi zona ekonomi khusus, saya kira masyarakat Madura lebih bisa,” tukasnya. (arifin/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.