DPRD Sambut Baik Wacana Perubahan UN

Avatar of PortalMadura.Com
DPRD Sambut Baik Wacana Perubahan UN
dok. Apik

PortalMadura.Com, – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan, Madura, Jawa Timur menyambut baik wacana kelulusan siswa dalam ujian nasional () 2015 yang ditentukan oleh pihak sekolah.

Menurutnya, jika wacana itu diterapkan, maka kualitas siswa benar-benar teruji. Kelulusan siswa yang selama ini berpatokan pada hasil UN terkadang tidak sesuai dengan kondisi di lapangan. Artinya, siswa yang memiliki kualitas baik terkadang tidak lulus UN, demikian juga sebaliknya.

“Kami kira itu merupakan terobosan baru. Karena kalau hanya berpatokan pada hasil ujian, terkadang siswa yang malas sekolah dan kualitasnya jelek. Justru dia yang lulus,” ujar Ketua Komisi IV DPRD Pamekasan, Apik, Rabu (11/2/2015).

Dengan kebijakan itu, lanjut dia, pihaknya berharap sekolah dapat objektif memberikan penilaian guna menghasilkan lulusan yang berkualitas. Tidak hanya lulus sekolah tanpa dibekali dengan keilmuan yang memadai.

“Dinas pendidikan beserta pihak sekolah harus memberikan warning kepada siswa, bahwa meskipun kelulusan itu ditentukan oleh sekolah, namun penilaiannya akan tetap objektif,” tambah politisi Nasdem ini.

Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan agar segera memberikan surat edaran, jika wacana itu benar-benar terealisasi pada pelaksanaan UN tahun ini.

Sebelumnya, hasil ujian nasional (UN) tahun 2015 tidak menjamin terhadap kelulusan siswa. Sebab, sekolah memiliki hak untuk tidak meluluskan peserta didik mereka atau pun sebaliknya.

Itu disampaikan, Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan (Disdik) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Moch. Tarsun. (Marzukiy/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.