Dua Kecamatan di Sumenep Tanpa Penyuluh Lapangan KB

Avatar of PortalMadura.Com
Ach Masuni
Ach Masuni

PortalMadura.Com, – Dua Kecamatan di Sumenep, Madura, Jawa Timur belum memiliki penyuluh lapangan (PL) (KB), yakni Kecamatan Pasongsongan dan Kepulauan Raas.

“Dua kecamatan ini tidak ada penyuluh lapangan KB-nya. Di Pasongsongan hanya ada UPT dan Kasubag TU KB. Sedangkan Kepulauan/Kecamatan Raas tidak ada kasubag TU dan PL KB, yang ada hanya UPT KB,” ujar Ach Masuni, Kepala BPMP dan KB Sumenep, Rabu (15/10/2014).

Menurutnya, PL KB itu sebenarnya sangat dibutuhkan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang KB, tapi karena didua kecamatan itu tidak ada, terpaksa hanya ditangani oleh UPT KB dan BPMP KB.

“Karena tidak ada PL KB-nya, ya informasi itu tidak merata sehingga banyak masyarakat yang belum menjadi peserta KB,” urainya.

Kendati demikian, pihaknya tetap berupaya informasi pentingnya KB itu diterima oleh masyarakat utamanya di dua kecamatan yang belum memiliki PL KB.

“Beberapa waktu lalu kami kumpulkan warga untuk menyampaikan tentang KB itu agar mereka tahu bagaimana menekan angka kelahiran yang tidak berkualitas,” terangnya.

Jumlah tenaga penyuluh lapangan KB di kabupaten Sumenep hanya 40 orang yang tersebar di 328 desa dan 4 kelurahan 27 kecamatan. Idealnya, Sumenep harusnya memiliki 160 orang penyuluh. Jadi masih kurang tenaga penyuluh KB sebanyak 120 orang.

“Saat ini satu banding delapan atau satu penyuluh menangani delapan desa. Jadi kerjanya kurang maksimal,” tukasnya. (arif/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.