oleh

Electric Starter Motor Anda Tak Mau Bekerja? Cek 3 Komponen Ini

PortalMadura.Com – Keberadaan electric starter pada sebuah sepeda motor memang sangat menguntungkan. Tanpa susah payah melakukan kick starter, motor bisa hidup dengan sekali tekan tombol.

Sayangnya, pengguna sering merasa kesal tatkala electric starter tidak bekerja sebagaimana harusnya. Pikiran pertama biasanya tertuju pada aki motor yang sudah soak. Padahal, tidak berfungsinya electric starter bisa disebabkan karena beberapa hal.

Aki soak hanyalah satu di antara empat komponen lain yang membuat electric starter tidak bekerja. Kalau aki yang soak, bisa dilihat, kemungkinan bisa dikarenakan cairan elektrolit pada aki basah yang sudah menguap. Sementara kalau aki kering bisa jadi memang sudah masanya untuk diganti.

Berikut tiga komponen yang mungkin menyebabkan electric starter tidak bekerja sebagaimana mestinya:

Switch Starter
Switch starter merupakan komponen yang berfungsi sebagai saklar elektromagnetik untuk memutus dan menyambung arus listrik. Saat electric starter tidak berfungsi, sebaiknya Anda pastikan dulu jika komponen ini benar-benar berfungsi. Caranya, sambungkan kabel antara switch starter tersebut, jika terdengar bunyi cekrek-cekrek atau malah berfungsi, itu tandanya switch starter sudah rusak atau kotor dan perlu dibersihkan.

Loading...

Baca Juga: Jangan Sepelekan, Ini yang Akan Terjadi Bila Putar Kunci Langsung Starter pada Motor

Bendik
Bendik berguna untuk memicu aliran listrik dari api yang nanti akan diumpankan ke dynamo starter. Jika bendik mengalami masalah kerusakan, sudah tentu arus listrik tidak akan mampu melewati dynamo starter, dan mesin pun tidak akan menyala. Untuk memastikannya, coba dengarkan baik-baik komponen yang satu ini. Jika switch starter ditekan dan bendik tidak merespon atau tidak ada suara apapun, maka Anda patut curiga masalahnya pada bendik.

Dynamo Starter
Kerusakan dynamo starter tergolong cukup langka karena komponen ini tergolong aman. Biasanya, kerusakan dynamo starter disebabkan karena arang kumparannya (brush) terputus atau gosong karena konslet atau sebab lainnya.

Untuk kerusakan dynamo starter bisa dicek dengan cara, jika bendik bereaksi saat switch starter ditekan (dalam kondisi on), patut dicurigai kerusakannya di bagian komponen ini. Selamat mencoba!


Rewriter : Salimah
Sumber : liputan6.com

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar