Enak dan Lezat, Ini Resep Sup Kepiting Jamur yang Menggiurkan

Avatar of PortalMadura.com
Sup Kepiting
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Daging kepiting memang disukai banyak orang. Selain teksturnya yang lembut rasanya pun sedikit manis dan gurih. Tidak heran jika masakan ini sangat cocok dijadikan hidangan seluruh dunia.

Ada banyak menu masakan yang berbahan dasar kepiting, tapi sudahkah Anda mencoba sup kepiting jamur?. Meskipun makanan ini sering jadi menu mewah di restoran ataupun hotel, tapi sebenarnya Anda bisa membuat sendiri di rumah. Jamur yang digunakan kali ini yaitu jamur Shitake.

Selain rasanya yang enak, sup ini juga baik bagi kesehatan. Pasalnya, jamur Shitake baik untuk penurun kolesterol, anti kanker, mencegah dan mengurangi anemia, hingga melawan gangguan penyakit auto imun.

Penasaran ingin mencoba?. Yuk intip resepnya di bawah ini:

Bahan-bahan:

Jamur Shitake kering sebanyak 6 buah, rendam dalam air hingga lunak, lalu diiris tipis
Daging kepiting kalengan sebanyak 1 buah, tiriskan dan buang airnya, lalu cincang kasar
Telur ayam sebanyak 1 butir, kocok lepas
Daun bawang sebanyak 2 lembar, iris tipis
Bawang putih sebanyak 4 siung, memarkan
Jahe sebanyak 11/2 ruas, memarkan
Kaldu (bisa kaldu ayam) sebanyak 1500 ml
Secukupnya margarin

Baca Juga:  Resep Kuah Tahu Sawi, Sederhana Tapi Bikin Ketagihan

Bumbu:

Minyak wijen sebanyak 1 sdm
Merica bubuk sebanyak 1/2 sdt
Penyedap rasa sebanyak 2 sdm
Secukupnya gula pasir
Secukupnya garam
Tepung maizena sebanyak 1 sdt, dilarutkan dengan sedikit air

Cara Membuat Sup Kepiting Jamur:

Tuangkan air kaldu ke dalam sebuah panci, lalu masak dengan api sedang hingga mendidih. Sambil menunggu air kaldu mendidih, siapkan wajan di kompor lain, lalu tumis bawang putih dan jahe dengan margarin sampai warnanya berubah.

Angkat setelah berbau harum dan tuangkan langsung ke dalam panci tempat merebus kaldu. Biarkan air kaldu menjadi wangi dengan aroma bawang putih dan jahe selama kurang lebih 5 menit saja, lalu segera keluarkan kembali supaya aroma dan rasa kedua bumbu ini tidak menjadi terlalu kuat.

Bumbui air kaldu dengan merica, gula, garam, dan penyedap rasa, masukan juga Jamur Shitake. Biarkan air kaldu mendidih kembali selama sekitar 10 menit.

Baca Juga:  Resep Batagor Bandung, Rugi Kalau Tak Mencobanya

Setelah itu, masukan cincangan daging kepiting ke dalam panci, masukkan juga telur yang sudah dikocok lepas. Aduk-aduk hingga rata supaya telurnya tidak membentuk gumpalan.

Selanjutnya, masukan irisan daun bawang, minyak wijen, dan larutan maizena. Jangan lupa cicipi dan koreksi rasanya sambil diaduk-aduk terus sampai kuahnya tampak agak mengental. Angkat dan sajikan selagi hangat.

Resep yang sangat mudah bukan?. Dijamin akan membuat keluarga Anda menyukainya. Selamat mencoba. (resepnasional.com/Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.