ESDM Akui Tak Bisa Tentukan Anggaran Kelistrikan di Sumenep

Avatar of PortalMadura.Com
ESDM Akui Tak Bisa Tentukan Anggaran Kelistrikan di Sumenep
Moh Kahir

PortalMadura.Com, – Kepala Kantor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Moh Kahir mengaku tidak bisa menentukan sendiri besaran kelistrikan di APBD 2016 sehingga anggarannya kecil yakni Rp3,1 miliar.

“Anggaran kelistrikan tahun ini memang kecil, sementara kebutuhannya sangat tinggi, tapi kami di ESDM tidak bisa berbuat banyak karena hanya pelaksana, bukan penentu anggaran,” kata Moh Kahir, Jumat (12/8/2016).

Menurutnya, yang mempunyai kewenangan dalam penentuan anggaran kelistrikan itu adalah tim anggaran dan Bappeda setempat.

“Kalau dibandingkan dengan kabupaten lainnya di Madura, Sumenep memang sangat kecil. Untuk Kabupaten Sampang tahun ini mencapai Rp18 miliar dan Kabupaten Pamekasan Rp15 miliar,” ujarnya.

Sementara itu, anggota Komisi II DPRD setempat, Bambang Prayogi menuding, minimnya anggaran kelistrikan itu lantaran tim anggaran termasuk Bappeda kurang paham terhadap pentingnya listrik.

“Apakah Bupati, tim anggaran atau Bappeda yang tidak paham terhadap pentingnya kelistrikan untuk wilayah Sumenep ini,” katanya mempertanyakan.

Ia mengaku, pihaknya telah beberapa kali minta pemerintah agar memperhatikan anggaran kelistrikan, namun, realitanya masih belum mendapat respon positif. Terbukti dari tahun ke tahun anggarannya tidak ada perubahan.

“Kalau memang pemerintah paham akan kebutuhan listrik, maka pasti telah menganggarkannya sesuai kebutuhan,” tukasnya. (arifin/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.