Fakta Menarik Dampak Gerhana Bulan bagi Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
Fakta Menarik Dampak Gerhana Bulan bagi Kesehatan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sudah tahukah Anda kenapa bisa terjadi ?. Fenomena alam langka yang bisa diamati tersebut muncul karena matahari, bumi dan bulan berada dalam satu garis. Posisi bulan saat itu berjarak terdekat dengan bumi.

Sisi lain dibalik keindahan gerhana bulan itu, sebagian dari Anda mungkin pernah mendengar bahwa seseorang disarankan untuk menjauh karena bahaya. Terutama bagi ibu hamil atau anak-anak.

Namun, benarkah anjuran tersebut atau hanya mitos belaka?. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa fakta soal gerhana bulan dan dampaknya bagi tubuh:

1. Menonton gerhana bulan tidak memberikan dampak berbahaya bagi mata. Tidak seperti menonton gerhana matahari yang dapat berefek pada kerusakan sementara retina mata.

2. Menurut literatur Allopathy, tidak ada dampak berbahaya gerhana bulan bagi kehamilan. Sehingga ibu hamil aman dalam menyaksikan gerhana bulan.

3. Tidak ada ilmu pengetahuan yang menyebutkan bahwa melahirkan saat gerhana bulan dapat berakibat kecacatan pada anak. Bila masih ragu, maka sebaiknya Anda melakukan tindak pencegahan.

4. Gerhana bulan seringkali dikaitkan dengan kesehatan mental. Faktanya, gerhana bulan memang dapat mempengaruhi mood. Namun ini sebenarnya berkaitan dengan tekanan darah dan ritme jantung yang cenderung naik karena gelombang air laut yang lebih tinggi dari biasanya.

5. Saat gerhana bulan, biasanya jumlah nyamuk menjadi lebih banyak. Penelitian menyebutkan, jenis nyamuk yang bertambah pada saat tersebut adalah Aedes, Anopheles, Culex, dan Psorophora.

6. Satu hal yang mungkin paling berbahaya dari gerhana bulan adalah bulan tidak bersinar seterang biasanya. Sehingga mungkin suasana di sekitar Anda menjadi lebih gelap. Bila tidak hati-hati, Anda mungkin bisa tersandung ketika berjalan.

Jadi, demikian fakta yang sebenarnya terjadi saat gerhana bulan. Semoga bermanfaat. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.