Fakta: Pasta Gigi Bisa Atasi Jerawat Menurut Ahli Kulit

Avatar of PortalMadura.com
Fakta: Pasta Gigi Bisa Atasi Jerawat Menurut Ahli Kulit
ilustrasi

PortalMadura.Com – Ketika mendapati berwarna merah muncul di wajah, tentu sebagian orang merasa kurang percaya diri, khususnya bagi seorang wanita. Apalagi, mereka ada acara saat itu juga.

Nah mengalami permasalahan ini, pernahkah Anda disarankan beberapa orang menggunakan untuk menghilangkan jerawat?. Lalu, benarkah ini cara yang jitu mengatasi jerawat?. Apa kata ahli kulit tentang penggunaan pasta gigi pada jerawat?.

Menurut direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi RS Mt. Sinai New York, Zeichner, M.D, mengakui, bahwa trik tersebut memang umum dilakukan banyak orang.

“Pasta gigi digunakan sebagai alternatif untuk mengobati jerawat karena mengandung triclosan, bahan antimikroba yang membantu membunuh bakteri penyebab jerawat pada kulit,” ujarnya.

Namun masalahnya, triclosan adalah bahan yang kontroversial. Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat, Bahan ini sering dituding sebagai penyebab gangguan hormon dalam beberapa studi. Akibatnya, beberapa pasta gigi sudah tidak lagi menyertakan triclosan dalam kandungannya.

Kendati demikian, pasta gigi masih bisa digunakan untuk melenyapkan jerawat Anda dalam kondisi darurat, lanjut Dr. Zeichner. Karena kebanyakan pasta gigi mengandung zat pengering seperti baking soda dan alkohol.

“Pasta gigi bisa mengeringkan jerawat, dan mengurangi kadar merah pada jerawat. Masalahnya, konsentrasi zat yang diperuntukkan untuk gigi Anda itu lebih keras daripada yang bisa digunakan pada kulit Anda” ungkap Dr. Zeichner.

Dr. Zeichner melanjutkan, karenanya jika Anda memiliki obat lain untuk mengatasi jerawat, disarankan agar menggunakan produk itu dibanding pasta gigi.

Namun, jika Anda terpaksa memakai pasta gigi untuk membersihkan jerawat, pastikan pilih formula yang tidak mengandung pemutih, pencuci mulut (mouthwash), atau warna yang semuanya dapat menimbulkan iritasi kulit dan membuat jerawat lebih menyeramkan.

Jadi, Anda bisa menerapkan cara ini sebagai pilihan terakhir bila sudah tidak ada trik lain. (kompas.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.