FAM Galuh Ciamis Helat Kegiatan Literasi Kearifan Lokal

Avatar of PortalMadura.Com
FAM Galuh Ciamis Helat Kegiatan Literasi Kearifan Lokal
Kegiatan Literasi Kearifan Lokal

PortalMadura.Com, Ciamis – Pengurus Forum Aktif Menulis () Cabang Galuh Ciamis, Jawa Barat, pada Juni 2015 mengusung kegiatan kearifan lokal bertajuk “Literasi Raya Galuh-Galeuh-Galih Ciamis 2015”.

Menurut Yus Rusmana Sudia, Koordinator FAM Cabang Galuh Ciamis, Kamis (30/4/2015), kegiatan tersebut dihelat dalam rangka sebagai kado ulang tahun Kota Ciamis.

“Kegiatannya berupa peluncuran dan bedah buku antologi puisi, cerpen, novel karya siswa dan guru serta buku antologi puisi dan cerpen karya pengarang Ciamis,” ujar Yus Rusmana Sudia yang mengaku seorang kuli kapur, tukang ketik dan bulu tanah di pedukuhan yang jatuh cinta berat pada literasi.

Kegiatan perdana yang dihelat pengurus FAM Galuh Ciamis itu, menurut rencana akan dihadiri Sekjen FAM Indonesia, Aliya Nurlela, yang juga penulis novel “Lukisan Cahaya di Batas Kota Galuh” (2014).

Meski FAM Galuh Ciamis baru berdiri, namun pengurusnya sangat aktif mengadakan kegiatan literasi, khususnya membina siswa untuk membaca dan menulis di sekolah-sekolah.

Selain itu, program literasi FAM Galuh Ciamis tahun ini yang telah disiapkan, di antaranya mengadakan event literasi bulanan, wisata menulis di objek-objek wisata dan budaya di Ciamis, menerbitkan buku sastra dan majalah, serta melakukan temu darat dan silaturahim berkala dengan sejumlah pihak yang berkompeten untuk ikut mendukung gerakan literasi di Ciamis.

Aktifnya kepengurusan FAM Galuh Ciamis juga tidak lepas dari kerja pengurus lainnya, yaitu Desri Latifatunnisa (Sekretaris), Dewi Rahayu dan Elly Mulyaningsih (Bidang Giat Baca-Tulis Tingkat SD), Ai Santi, Susi Susilawati, Findrie Febriani (Bidang Giat Baca-Tulis Mahasiswa), Hani Arya Nugraha, Hani Hanifah, Lintang Candra Kirana Ningrum, Bunyamin, Nur'adzin (Bidang Giat Baca-Tulis SLTP/SLTA), Arwan Ruswandi, Hamim Mulyana, Syahrul Aziz, M.Pd (Bidang Giat Baca Tulis Pesantren dan Umum), dan Desainer/Layouter H. Taufik dan Sena.

Sekretariat FAM Cabang Galuh Ciamis bertempat di Jalan Raya Ciamis-Kawali, Desa Selacai No. 415 Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis, Jawa Barat dan di Jalan Raya Kawali-Ciamis, Desa Baregbeg No. 212 Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

“Bagi pelajar, mahasiswa, guru dan kalangan umum lainnya di Ciamis yang ingin bergabung menjadi anggota FAM Galuh Ciamis dapat menghubungi nomor kontak 085317273001 atau 085317273002 atau email: [email protected],” tambah Yus Rusmana Sudia. (rel/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.