Fast Food Pengaruhi Kemampuan Belajar Anak, Ini Pembahasannya

Avatar of PortalMadura.Com
Fast Food Pengaruhi Kemampuan Belajar Anak, Ini Pembahasannya
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kadang Bunda pasti pernah menyajikan sebagai menu makanan di rumah. Praktis, enak, terjangkau, dan anak-anak sudah pasti suka. Tapi Bunda perlu diketahui bahwa ternyata ada kaitan antara kebiasaan anak makan fast food dengan kemampuan belajarnya.

Baru-baru ini, studi yang dilakukan peneliti di The Ohio State University melakukan survei pada siswa kelas 2 SMP tentang seringnya konsumsi fast food ketika mereka kelas 5 SD. Peneliti menemukan makin sering anak mengonsumsi fast food ketika kelas 5, semakin rendah perkembangan kemampuan mereka dalam tes membaca, matematika, dan sains tiga tahun kemudian.

“Ada banyak bukti bahwa konsumsi fast food berhubungan dengan obesitas anak-anak. Tetapi masalahnya tidak hanya di situ. Mengonsumsi terlalu banyak fast food bisa memengaruhi seberapa baik anak-anak di kelas,” jelas Kelly Purtell, penulis utama penelitian dan asisten profesor ilmu manusia di The Ohio University .

Survei yang dilakukan Kelly dan tim menunjukkan bahwa anak yang mengonsumsi fast food 4 sampai 6 kali seminggu mendapat perolehan nilai tes yang lebih rendah dibanding dengan anak yang tidak mengonsumsi fast food sama sekali.

Namun penelitian ini hanya untuk menjelaskan perbedaan nilai tes anak yang sering mengonsumsi fast food dengan yang tidak. Tidak semua faktor diteliti dalam penelitian ini. Makanya, mereka belum dapat menjelaskan alasan kenapa konsumsi fast food berpengaruh pada rendahnya nilai anak.

Fast food tetap boleh dikonsumsi anak, tapi dalam batas wajar. Anak tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi fast food karena kandungan lemak dan gulanya terlalu tinggi. Konsumsinya perlu dibatasi agar tidak mengganggu kesehatan.

“Jadi dalam seminggu, Senin sampai Jumat makanan harus dijaga terus. Tapi bosan itu pasti. Nah boleh lah sehari misalnya hari Sabtu atau Minggu makan fast food itu. Sekarang sudah banyak orang tua yang menerapkan ini ke anaknya,” ujar pakar kesehatan dan nutrisi, dr Laurencia Ardi dikutip dari detik.com.

Jadi, para bunda jangan manjakan anak dan selalu memberi atau membekalinya dengan fast food ya. Selain memperburuk bagi kesehatan dan membuat anak menjadi obesitas, fast food juga mempengaruhi . Berikan anak kita saat dirumah atau bekal disekolahnya makanan yang 4 sehat 5 sempurna agar tumbuh berkembang anak menjadi lebih baik dari pada memberinya dengan fast food. Semoga bermanfaat bunda. (detik.com/Anek)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.