oleh

Fenomena Ajaib, Gundukan Pasir Putih Muncul di Tengah Laut Pulau Gili Raja Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Masyarakat kepulauan Gili Raja, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur heboh dengan kemunculan fenomena alam ajaib berupa gundukan pasir putih.

Video Gundukan Pasir Putih di Tengah Laut

Pasir putih itu, — warga setempat menyebutnya— ada di atas Karang Guntur, tepatnya di sebelah timur pulau Gilingan atau sebelah selatan Desa Banmaleng, Pulau Gili Raja, Kecamatan Gili Genting, Kabupaten Sumenep.

Luas gundukan pasir putih itu diperkirakan mencapai kurang lebih 160 meter persegi (m2). Lokasi fenomena alam ajaib berupa gundukan pasir putih ini, sebelumnya merupakan karang biasa di bawah permukaan air laut.

Kemunculan gundukan pasir putih ini sangat indah dan eksotis serta tampak mempesona dengan kondisi air lautnya yang biru nan jernih.

Ketua Pokmawas Raung Samudra kepulauan Gili Raja, Sumenep, Mohammad Broto menghimbau pada masyarakat agar melindungi dan tidak merusak keberadaan gundukan pasir putih tersebut.

“Jangan sampai terjadi penambangan pasir liar di kawasan Pasir Putih Karang Guntur dan sekitarnya. Kawasan itu sangat bagus dan indah sehingga perlu dijaga keberadaanya,” katanya, Jumat (20/7/2018).

Senada dengan inisiator Pemuda Giat Wisata Gili Raja (PGW), Sumenep, Syaiful Puja. “Harapan kami, kawasan itu jadikan kawasan konservasi, sehingga dapat menjadi obyek wisata di kepulauan Gili Raja,” katanya.

Menurutnya, kepulauan Gili Raja sangat berpotensi untuk dijadikan kawasan wisata bahari dan budaya. Pulau-pulau kecil di kawasan Gili Raja mulai dikembangkan oleh warga menjadi wisata.

“Kami juga sudah menghimbau kepada aparat desa setempat (Desa Banmaleng) sekaligus masyarakat Pulau Gilingan (bersebelahan dengan lokasi) agar menjaga keberadaan gundukan pasir putih itu dan jangan sampai ada penambangan pasir oleh orang yang tidak bertanggungjawab,” tandasnya.(Hartono)