Film Kolosal Jokotole Dibuat, Bupati Sumenep Mengapresiasi

Avatar of PortalMadura.com
Film Kolosal Jokotole Dibuat, Bupati Sumenep Mengapresiasi
Bupati Sumenep Achmad Fauzi membuka dan memberikan sambutan pada seminar nasional 'Melestarikan budaya leluhur melalui pembuatan Film Jokotole' di Unija (Nor Fitriyah @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, – Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengapresiasi dan mendukung pembuatan .

“Saya mengapresiasi kepada tim semuanya. Kru pembuatan ,” ujar Fauzi dalam sambutan seminar nasional bertajuk ‘Melestarikan Budaya Leluhur melalui Pembuatan Film Jokotole, di Unija, Rabu (3/8/2022).

Menurut Fauzi, inisiator pembuatan film Jokotole adalah ingin memperkuat sejarah yang ada di Madura agar anak cucu bisa tahu dan paham sejarah yang sesungguhnya, bagaimana Madura ini dibangun oleh pemimpin Madura dari masa ke masa.

“Pembuatan film Jokotole tentu harus didukung dengan kebersamaan. Dan kebersamaaan ini tidak mudah, karena harus ada visi dan misi bersama, sehingga tidak mudah dalam bingkai kebersamaan,” katanya.

Politisi PDI Perjuangan ini mengharapkan, melalui film Jokotole akan bangkit dan semakin kuat rasa persatuan dan kebersamaan dalam bingkai NKRI.

Negara Indonesia ada dari keberagaman budaya dan suku serta bahasa berbeda-beda, tetapi pendahulu bangsa ini mampu menyatukan dan menjaga keutuhan NKRI.

“Itu semua karena saling menghormati dan saling menghargai budaya kita masing-masing,” terangnya.

Dengan aset budaya yang begitu besar, kata dia, maka otomatis negara Indonesia ini berbeda pula dengan negara lain di dunia. “Maka kita harus bangga dengan Indonesia,” tandasnya.

Kisah Kepahlawanan Jokotole akan diangkat oleh H Faisal Mapan Produser asal Desa Labuhan (Timur) Kecamatan Sreseh, Kabupaten Sampang, Madura.

Bersama Tim Kreatif dari PT Mapan Global Film (MGP), produser yang pernah menelorkan sejumlah film dan sinetron ini, melakukan sinkronisasi konsep dan referensi dari tokoh adat, budayawan serta 4 penentu kebijakan di Madura.

Proses pembuatan film kolosal Jokotole, juga mendapat dukungan dari sejumlah tokoh, di antaranya, mantan istri almarhum pedangdut senior Imam S Arifin, yakni Nana Mardiana, Vonny Shiela, Annisa Queen, H Zaini selaku penasehat Ikatan Keluarga Madura (Ikama) dan Moh. Nasir sepenuh Madura.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.